HMI Cabang Tuban Aksi di Letda Soetjipto

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Permintaan maaf Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, kepada Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), atas pernyataan di media televisi beberapa waktu lalu, tampaknya belum sepenuhnya diterima kader HMI. Terbukti, hari ini, Sabtu (14/5/2016), sejumlah kader HMI Cabang Tuban menggelar aksi di bundaran Patung Letda Soetjipto, Tuban.

Aksi digelar sekitar pukul 10.30 WIB, aktivis membawa megaphone, bendera HMI, dan beberapa poster. Poster tersebut bertuliskan diantaranya "Turunkan Saut Situmorang Dari Jabatan Pimpinan KPK" dan juga "Saya Kader HMI Saya Ikut LK-1 Tapi Saya Tidak Diajari Korupsi".

Aksi digelar tertib dengan penjagaan puluhan petugas kepolisian, mahasiswa juga membagikan selebaran sebagai klarifikasi terkait pernyataan Saut Situmorang. Mereka juga menjelaskan mengenai organisasi HMI, dan juga tujuan awal berdirinya organisasi ini.

"Latihan Kader (LK) 1 merupakan latihan dasar untuk menjadi anggota HMI. Mahasiswa dibina dan dibimbing menjadi kader yang outputnya adalah mempersiapkan kader HMI agar nantinya siap menjadi kader umat dan kader bangsa dalam mengisi kemerdekaan RI," begitu bunyi selebaran yang dibagikan untuk masyarakat.

Mereka juga memasang sejumlah foto tokoh nasional yang juga sukses menjadi pejabat publik. Diantaranya adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, penasehat KPK, Abdullan Hehamahua, mantan ketua MK, Mahfud MD, dan beberapa tokoh lain.

"Mereka adalah pernah LK-1, mereka juga kader HMI dan mereka sekarang alumni HMI. Mereka adalah tokoh nasional yang tidak korupsi," kata aktivis HMI, Imam, dalam orasinya.

Mereka menilai ucapan Saut Situmorang menyudutkan organisasi HMI. Usai menyampaikan aspirasinya selama kurang lebih 30 menit, para aktivis mahasiswa tersebut meninggalkan lokasi bundaran Patung Letda Soetjipti dengan tertib. [pur/ito]