Minati Jurnalistik, Pelajar SD Sambangi Balai Wartawan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Puluhan pelajar dari Sekolah Dasar (SD) Al-Uswah mendatangi Balai Wartawan, Jalan Pramuka, Kabupaten Tuban, pagi ini, Sabtu (30/4/2016). Pelajar datang, karena ingin mengetahui secara langsung seluk beluk kerja jurnalis.

Sebanyak 92 siswa dan siswi dari ekstrakurikuler berkunjung. Mereka datang, dengan diantar langsung beberapa pengajar dari Al-Uswah. "Saya tertarik dengan Om-om wartawan ketika bekerja," kata salah satu siswa, Khenza, sesampai di Balai Wartawan.

Pantauan blokTuban.com, puluhan pelajar ini tampak antusias selama dua jam belajar jurnalistik. Ada dua jurnalis yang menjadi pemateri dan belajar bersama mereka, yakni Edy Purnomo dari media online www.blokTuban.com dan juga Sriwiyono dari Jawa Pos Radar Bojonegoro wilayah Tuban. Selain itu, ada juga Abdul Rohman dari Memorandum dan Khusni Mubarok dari JTV yang membantu selama proses belajar.

Selama melakukan kunjungan, pelajar dikenalkan mengenai dasar-dasar jurnalistik dan cara kerja pers. Kemudian, juga diajak melakukan praktek wawancara dan menulis dengan cara sederhana dan mudah dimengerti. Praktek yang mereka lakukan, adalah wawancara kegiatan harian teman dan langsung menuliskannya di selembar kertas.

Salah satu pengajar, Nurul Naimah, mengungkapkan kunjungan dilakukan secara langsung, guna membantu siswa lebih mudah memahami jurnalistik. Hal ini penting untuk diterapkan mereka ketika belajar di sekolah.

"Kami ucapkan terima kasih kepada jurnalis yang mau mendampingi anak-anak kami belajar," kata Naimah. [dwi/rom]