Waspada Narkoba, Ajak Pemuda Berkesenian Tongklek

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mewaspadai akan bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda, perlu diarahkan pada kegiatan yang positif. Sebab demikian, Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) dari Kepolisan Resort (Polres) Tuban menyelenggarakan lomba tongklek, Kamis (28/4/2016).

Dalam sambutannya, Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guruh Arif Dharmawan mengatakan, penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat Tuban tahun 2016, pada triwulan pertama mencapai 52 kasus. Terjadi peningkatan di tahun sebelumnya, di triwulan pertama yang tercatat 40 kasus.

"Lomba tongklek kali ini untuk melestarikan seni budaya masyarakat, yaitu tongklek. Kesenian tongklek merupakan kearifan lokal, dengan membawakan lagu bertema anti narkoba," kata Guruh.

Lomba tongklek menjadi suatu media pengalihan bagi generasi muda. Dengan berkegiatan positif, diharapkan mampu meminimalisir penyebaran penyalahgunaan narkoba.

Sekitar 14 kelompok seni tongklek turut meramaikan lomba bertajuk 'Mewujudkan generasi muda bebas dari narkoba'. Kriteria penilaian pun salah satunya berkaitan dengan tema, yakni kreativitas garap musik, kekompakan dan penampilan.

Salah satu peserta, Angga Dwi Setyawan (14) asal kelompok tongklek Mughi Laras nampak antusias mengikuti lomba tersebut. Ia mengaku mengikuti lomba lantaran ingin turut melestarikan kesenian tongklek.

"Ingin menambah pengalaman dan kalau bisa juara satu," kata laki-laki asal Desa Bejagung tersebut. [dwi/rom]