Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kepadatan kendaraan di jalanan Tuban, terutama di wilayah kota, kerap meresahkan pengguna jalan, khususnya pejalan kaki. Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban memasang alat bantu lampu penyebrangan atau Pelican Crossing yang di pasang di empat titik di wilayah Kecamatan Tuban.

Pelican Crossing merupakan sistem peringatan dini bagi arus lalu lintas untuk memberikan kesempatan pejalan kaki yang akan menyeberang jalan. Rambu bantuan penyebrangan jalan yang dipasang bantuan tersebut diprioritaskan pada lokasi wisata yang acap didatangi wisatawan dan tempat umum lainnya.

Empat titik penempatan Pelican Crossing yakni di Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Panglima Sudirman (depan pintu masuk pantai Boom), Pertigaan SMPN 6 Tuban, dan terakhir di Jalan Yos Sudarso (depan gang Goa Akbar).

“Saat orang kesulitan menyebrang, bisa menekan tombol di tiang Pelican Crossing. Secara otomatis akan berbunyi dan rambu-rambu langsung merah,” kata, Kepala Dishub Kabupaten Tuban, Paraith.

Pemasangan dilakukan di titik-titik yang banyak orang menyebrang. Baru-baru ini yang baru saja dipasang yakni di depan SMPN 6 Tuban.[dwi/ito]