Tanam Jeruk, Bantu Entas Kemiskinan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, untuk tahun 2016 ini kembali mengembangkan potensi tanaman jeruk di lahan seluas 125 hektar (Ha), sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Dengan dibentuk kelompok tani jeruk, setidaknya dapat menggulirkan perekonomian di desa, sehingga membantu mengentaskan kemiskinan," kata Kepala Desa (Kades) Mulyorejo, Warwilan, Kamis (7/4/2016).

Jenis jeruk yang ditanam para petani adalah jeruk tejakula, keprok madura dan jeruk lokal. "Tanaman jeruk tahun ini tinggal pengembangan, karena penanaman sudah dilakukan sejak tahun 2009 silam," jelasnya.

Bahkan, kata Kades, tahun ini rencananya pemerintah desa bersama kelompok tani yang sudah terbentuk, akan mendatangkan bibit dari Kabupaten Malang. "Karena warga sudah mulai terampil mengembangkan tanaman jeruk ini, rencana tahun ini akan mendatangkan benih lagi," imbuh Kades Warwilan.

Terpisah, Suwito, salah satu petani jeruk mengatakan, sangat terbantu sekali dengan menanam jeruk, karena mendapat bibit secara gratis pada tahun 2009 lalu. "Alhamdulillah petani sangat terbantu oleh pemerintah," tutup Suwito. [rof/rom]