Sedekah Bumi, Warga Ngandong Sembelih Kambing Masal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedekah bumi yang diadakan Kamis (7/4/2016) kemarin, oleh masyarakat Desa Nagandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, merupakan wujud syukur atas melimpahnya hasil panen.

Sedekah bumi tersebut dihadiri ribuan orang dari desa setempat dan dari luar desa, dalam tradisi ini ada salah satu hal yang manarik, yakni warga beramai-ramai membawa kambing untuk disembelihkan di tempat sedekah bumi tersebut. Lalu untuk daging kambing tersebut disodaqohkan kepada masyarakat yang hadir.

Kepala Desa (Kades) Ngandong Suiswanto mengatakan, penyembelihan kambing tersebut merupakan wujud syukur warga, karena telah diberikan panenan yang melimpah.

"Terdapat 16 kambing yang disembelih serentak oleh warga," terang Kades Ngandong, kepada blokTuban.com.

Juru kunci pertapaan Mbah Andongsari Warjito menjelaskan, penyembelihan kambing-kambing tersebut merupakan salah satu mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh yang maha kuasa.

"Itu merupakan wujud syukur, karena doanya telah dikabulkan oleh Allah," ujar kepada blokTuban.com.

Setelah selesai prosesi penyembelihan kambing, acara dilanjutkan dengan berdoa bersama, agar panen tahun depan bisa melimpah lagi.

Diketahui bahwa tempat yang dipergunakan untuk sedekah bumi terdapat di pertapaan Mbah Andongsari yang berada di atas kayangan, dan di samping pertapaan tersebut terdapat banyak tower yang berdiri tegak. [hud/rom]