Polsek Rengel Perangi Narkoba dengan 'Mbende'

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Polsek Rengel mempunyai cara cukup kreatif untuk mensosialisasikan perang terhadap Narkoba. Salah satu caranya, adalah dengan 'mbende' dengan mengelilingi wilayah pedesaan di kecamatan setempat.

Mbende, merupakan cara sosialisasi dengan menggunakan mobil keliling yang dipasang pengeras suara. Biasanya, cara ini dilakukan orang pedesaan untuk mengumumkan adanya suatu acara atau kegiatan masyarakat.

Cara ini, kemudian diadopsi Polsek Rengel untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya Narkoba. Terutama untuk generasi penerus bangsa.

"Kata orang ini adalah mbende, tapi kalau di kami istilahnya adalah public addres," jelas Kapolsek Rengel, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Musa Bachtiar, kepada blokTuban.com, Kamis (7/4/2016).

Musa menjelaskan, cara ini dinilai paling efektif untuk mensosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat luas. Tanpa membutuhkan biaya banyak dan bisa langsung diterima di tengah masyarakat.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk melaporkan kepada kami, apabila ada indikasi peredaran narkoba di tengah mereka," jelas Musa.

Selama ini masih banyak masyarakat desa yang kurang memahami perbedaan antara pengguna ataupun pengedar. Petugas akan membantu mereka dan berupaya menangkal peredaran narkoba di wilayah pedesaan sejak dini. [pur/rom]