Jalan Basra Diproyeksikan Sistem Lalu Lintas Baru

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Jalan Basuki Rahmat (Basra), yang merupakan jantung kota Kabupaten Tuban, diproyeksikan menggunakan sistem lalu lintas baru.

Informasi yang diterima blokTuban.com, marka atau garis jalan yang sekarang berada tepat di tengah jalan, akan digeser ke arah utara. Sehingga, sisi selatan jalan akan mempunyai kanal atau ruang lebih lebar dibandingkan dengan sisi utara.

Kepala Satlantas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dhyno Indra Setyadi, menjelaskan sisi selatan jalan diperlebar untuk menertibkan lalu lintas. Arus di sisi selatan merupakan lintasan mobil, dan juga akan dipergunakan sebagai lokasi parkir. Sementara sisi utara, hanya khusus dipergunakan untuk lajur sepeda motor.

"Agar Jalan Basuki Rahmat tertib, parkir semua di sisi selatan jalan," jelas Dhyno, kepada blokTuban.com, Kamis (7/4/2016).

Mulai hari ini, petugas melakukan rekayasa lalu lintas apabila sistem ini dilakukan. Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan sampai hari Minggu (10/4/2016) mendatang.

"Setelah rekayasa lalu lintas, masih akan dirapatkan dengan Lalu Lintas Angkutan Jalan," tandas Dhyno.

Selama ini, Jalan Basuki Rahmat memang poros jalan perkotaan yang paling padat di Kabupaten Tuban. Terutama di pagi, siang, dan sore hari. Jalan ini juga tidak mungkin diperlebar, karena di kanan kiri jalan adalah pusat ruko dan perdagangan. [pur/rom]