Cuaca Buruk, Petani Bangilan Panen Tak Serentak

Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com – Tanaman padi di wilayah Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban tidak semuanya panen pada bulan April. Ini dikarenakan, para petani tidak serentak saat musim tanam.
 
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu panen serentak, kali ini sebagian petani sudah masuk panen, sebagian lagi masih fase pemeliharaan.
 
Hal ini dibenarkan oleh Kepala UPTB Kecamatan Bangilan, Sugihartono. Ia mengaku, hasil panen para petani di seluruh Kecamatan Bangilan untuk musim panen kali ini tidak bersamaan.
 
"Memang kali ini tidak serentak. Karena setelah pergantian musim dari kemarau ke hujan kemarin, sebagian lahan masih belum mendapat aliran air maksimal, sehingga petani di tempat tersebut menunda waktu penanaman. Sementara yang lainnya sudah langsung mulai menanam saat masuk musim penghujan," tuturnya kepada blokTuban.com, Rabu (6/4/2016).
 
Disampaikan Sugihartono, para petani yang panen dulu adalah yang memiliki sawah di bantaran kali kening dan sawah pengairan, seperti petani di wilayah Kedungjambangan, Sidodadi, Kedungmulyo dan Kedungharjo. Untuk sawah tadah hujan diperkirakan panen pada pertengahan bulan Mei yang akan datang.
 
"Padi sawah di Desa Banjarworo belum panen, karena hanya memanfaatkan air hujan dan sumber mata air yang tidak besar debit airnya. Tapi tak lama lagi akan segera menyusul," jelasnya. [rof/rom]