PWI Jatim: Masyarakat Sebagai Penegak Kepentingan Rakyat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam kesempatan diskusi publik yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban, terdapat beberapa materi yang disampaikan, salah satunya adalah penegakkan kepentingan rakyat yang tergandaikan.

Disela diskusi yang dihadir oleh stakeholder atau orang yang berpengaruh di Kabupaten Tuban, Ketua PWI Provinsi Jawa Timur, Achmad Munir mengatakan, rakyat memiliki peran penting dalam menegakkan kepentingan tersebut. Insan pers selain memiliki peran sebagai kontrol sosial, pula masyarakat dapat saling mengontrol akan hasil jurnalistik.

"Masyarakat pers harus diberdayakan untuk meneggakan dan mengajak pers kembali ke jalan yang benar," kata Munir, Rabu (6/4/2016).

Ketika pers tidak mengabdi terhadap kepentingan masyarakat, kata Munir, akan terjadi degradasi pers. "Insan pers harus kembali ke hitoh, yaitu ketika kita pers mengabdi terhadap kepentingan rakyat," ujarnya.`
 
Jika kepentingan masyarakat diabaikan, akan terjadi distorsi terhadap nilai-nilai pers. Distorsi yang dimaksud yakni berita atau kabar di lapangan yang diputar balikkan.

"Dewan pers tidak bisa melakukan penegakkan pers kecuali masyarakat. Dewan pers hanya mengadili terhadap delik sengketa pers," kata Munir menambahkan. [dwi/rom]