Hujan Angin, Tumbangkan Puluhan Pohon

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan disertai angin yang melanda kawasan Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban menyebabkan kurang lebih 22 pohon jati milik Perhutani tumbang, Jumat (26/2/2016).

Terdapat hingga 10 pohon yang tumbang menutupi ruas Jalan Raya Montong-Singgahan tepatnya di sepenjang Jalan Raya Desa Guwoterus sampai mendekati kawasan Krawak.

Kapolsek Montong Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sidik Hari Bowo menerangkan untuk mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang dan menutupi ruas jalan tersebut dibutuhkan banyak tenaga. Karena itu, pohon dievakuasi oleh personel gabungan dari beberapa Polsek mulai Polsek Montong Polsek Kerek dan Polsek Singgahan dengan bantuan masyarakat.

Selain itu, Kasat Sabhara Polres Tuban dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun ke lokasi tumbangnya pohon. "Proses evakuasi pohon cukup cepat, karena selain polsek montong dan masyarakat sekitar kami juga meminta bantuan dari semua pihak yang terkait," terang Sidik saat ditemui blokTuban.com.

Diketahui bahwa hujan disertai angin kencang pada pukul 16.00 WIB menumbangkan pohon yang berukuran hingga paling besar hingga mencapai diameter 70 centimeter.

Beruntung banyaknya pohon tumbang ini tidak sampai menimpa rumah warga dan dan sampai merenggut nyawa dari pengguna jalan. "Untuk kerugian lebih jelasnya Perhutani yang tahu," pungkas mantan Kapolsek Grabagan tersebut. [hud/col]