Bupati Berharap Pembagian Raskin 'By Name By Address'

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Penerimaan Beras Miskin (Raskin) atau Beras Sejahtera (Rastra) tahun ini akan segera dilakukan. Sebab telah dilakukan evaluasi dan sosialisasi terkait penerimaan beras yang berasal dari subsidi pemerintah tersebut. Dalam evaluasi tutup tahun 2015 tersebut, banyak menimbulkan koreksi saat pembagian kepada masyarakat.

"Pembagian Raskin ini lebih baik didistribusikan melalui By Name By Address (Melalui nama dan alamat), agar tepat sasaran," ujar Bupati Tuban, Fathul Huda.

Selanjutnya, pria kelahiran Montong tersebut mengatakan, bahwa sering kali terjadi masalah saat pendistribusian beras bulog di balai desa, seperti terjadi rebutan layaknya orang demo, dan ini yang membuat pembagian menjadi tidak efektif, karena masyarakat saling berebut. Sehingga membuat keadaan tidak kondusif dan bisa mengakibatkan ada yang tidak kebagian.

"Saya berharap pemerintah akan mempunyai inovasi seperti yang saya maksud tersebut (By Name By Adress). Sehingga pendistribusian beras subsidi  bisa semakin membaik," pungkas Bupati yang terpilih dua periode.

Diketahui, bahwa data yang digunakan untuk penerima Raskin atau Rastra tahun 2016 ini, masih menggunakan data Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011. [nok/rom]