Evakuasi Pohon Tumbang, 30 Menit Jalan Tersendat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Guyuran hujan yang deras disertai adanya angin kencang di beberapa wilayah Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mengakibatkan pohon jati milik Perhutani tumbang dan menutup arus lalu lintas Montong-Singgahan.

Tepatnya di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban angin menyapu hingga puluhan pohon berdiameter kurang lebih 70 centimeter sehingga arus lalu lintas pun terhambat.

"Terdapat 10 pohon yang menutup jalan raya Montong-Singgahan di sepanjang Desa Guwoterus," tegas Kapolsek Montong Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sidik Hari Bowo kepada blokTuban.com, Jumat (26/2/2016).

Tersendatnya kendaraan yang berada di tengah-tengah hutan tersebut lumayan lama sekitar kurang lebih hingga 30 menit. Setelah proses evakuasi selesai kendaraan baru bisa lewat dengan normal.

Kapolsek Montong Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sidik Hari Bowo menerangkan untuk mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang dan menutupi ruas jalan tersebut dibutuhkan banyak tenaga. Karena itu, pohon dievakuasi oleh personel gabungan dari beberapa Polsek mulai Polsek Montong Polsek Kerek dan Polsek Singgahan dengan bantuan masyarakat.

Selain itu, Kasat Sabhara Polres Tuban dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun ke lokasi tumbangnya pohon.

"Dalam proses evakuasi pohon yang tumbang tim gabungan membutuhkan waktu hingga 30 menit," ungkapnya.

Namun setelah proses evakuasi yang dilakukan oleh tim gabungan dari jajaran yang terkait selesai, arus lalu lintas menjadi normal dan tidak terkendala apapun. [hud/col]