Antisipasi Blantik Nakal, Pasar Hewan Akan Dipasang Videotron

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Tuban berencana memasang videotron, atau video informasi dengan layar lebar di sejumlah pasar hewan yang ada di Bumi Wali.

Videotron ini, akan berisi informasi standar harga sapi yang ada di pasar hewan. Semua orang, langsung bisa mengetahui harga jual dan beli sapi. Dengan begitu, semua orang yang datang ke tempat ini langsung bisa menentukan dan memperkirakan standar harga sendiri.

"Banyak yang tidak tahu update harga sapi ketika datang di pasar hewan, sehingga mereka akan langsung bisa tahu informasi harga begtu datang," jelas Kepala Bidang (Kabid) Peternakan di Dispetan, Pipin Diah Larasati, Jumat (12/2/2016).

Pemasangan videotron, dilakukan untuk mengantisipasi ulah oknum blantik dan calo jual beli sapi yang nakal. Sebabnya, kerap antara pembeli dengan pedagang dirugikan, karena permainan harga para blantik yang mengambil keuntungan terlalu banyak.

Pipin menjelaskan, praktik yang ada di lapangan antara pembeli dan penjual tidak pernah ketemu secara langsung. Karena, selalu ada blantik di tengah-tengah mereka. Sehingga harga ternak pun biasanya dimanfaatkan oleh blantik untuk meraup keuntungan.

Perempuan berjilbab ini berharap videotron bisa direalisasikan tahun ini. Karena Dispertan juga perlu melakukan komunikasi dengan Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban selaku pemegang otoritas jual beli di pasar.

"Kami berharap dengan (pemasangan videotron) harga bisa terpantau. Penjual dan konsumen bisa langsung menentukan harga sendiri," tandasnya. [pur/col]