Pelayanan Umroh Masih Dipegang Jasa Travel

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pelayanan ibadah umroh hingga saat ini masih dipegang oleh jasa travel. Padahal, di dalam struktur di Kementrian Agama (Kemenag) kantor Tuban, tercantum Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh. Hal ini sudah ada sejak lama, dimana saat kantor Kemenag mulai didirikan. Hal tersebut disampaikan Kasi Penyelenggaraan haji dan umroh, Kemenag Tuban.

"Dari dulu sampai sekarang penyelenggaraan umroh masih dipegang, atau dilaksanakan oleh jasa travel," terang Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, M. Abdul Ghofar.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Ghofar menjelaskan, bahwa pelaksanaan umroh oleh jasa travel ini tidak hanya berlaku di Kabupaten Tuban, melainkan di beberapa Kabupaten atau kota lainnya.

"Hingga saat ini belum ada Dirjen yang mengatur, infonya akan dibuat tahun ini, ya semoga saja bisa segera terwujud, agar pelaksanaan umroh bisa dilaksanakan oleh Kemenag," jelasnya.

Masih kata Ghofar, sebenarnya kurang tepat jika pelaksanaan umroh tidak dipegang oleh Kemenag. Pasalnya dalam struktur di Kemenag sudah dijelaskan, ada Kasi penyelenggaraan Haji dan Umroh. "Semoga saja tahun ini bisa segera terlaksana, jadi baik pelaksanaan Haji dan Umroh bisa dilaksanakan Kemenag," tutup Ghofar. [nok/rom]