Skip to main content

Category : Fokus


Desa Sumberagung, Plumpang (Corak Bumi Wali-5)

Legitnya Tape di Sekitar Joko Tarub

Belum lengkap jika berkunjung ke Kabupaten Tuban, terutama jika mengambil akses jalan nasional Tuban-Babat, untuk sekadar mampir di wisata legenda Joko Tarub. Tempatnya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang. Sebab, lokasinya dekat dengan jalan raya dan hanya beberapa menit dari pertigaan Pakah, atau kurang lebih 14 kilometer dari Kota Tuban. Yang menarik lagi, di sekitar petilasan Joko Tarub cukup terkenal tape yang khas, manis dan menggoyang lidah.

Desa Sukorejo, Parengan (Corak Bumi Wali-4)

Jamu Gendong yang Keliling Turun-Temurun

Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, dikenal dengan masyarakat yang berjualan jamu gendong. Biasanya, warga setempat sejak dinihari atau selepas salat Subuh, sudah membuat olahan jamu. Kemudian sekitar pukul 07.00 WIB, mereka berangkat naik bus menuju berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Bahkan ada yang hingga ke Kabupaten Bojonegoro, dan wilayah tetangga.

Desa Ngandong, Grabagan (Corak Bumi Wali-3)

Cabe Pedas Asal Desa 1.000 Tower

Jika menyebut Kecamatan Grabagan, terkadang orang luar Kabupaten Tuban, masih bertanya-tanya dimana wilayah tersebut. Namun, ketika nama Ngandong yang muncul, akan langsung teringat dataran tinggi yang banyak tower berukuran jumbo menjulang tinggi. Memang, di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, ada cukup banyak tower milik stasiun televisi nasional, lokal, radio dan operator seluler menancap disana.

Desa Rahayu, Soko (Corak Bumi Wali-2)

Penganyam Handal dari Ceruk Migas

Siapa yang tidak mengenal Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Desa yang berbatasan dengan Kecamatan Rengel tersebut mempunyai kandungan Minyak dan Gas Bumi (Migas) melimpah. Wajar saja jika sudah cukup lama operator Blok Migas Tuban, Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) melakukan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam (SDA) berupa minyak dan gas. Bahkan, selain JOB P-PEJ ada perusahaan besar lain menggarap produksi gas ikutan dari Lapangan Mudi, yakni PT Gasuma Federal Indonesia (GFI).

Kabupaten Tuban (Corak Bumi Wali-1)

Geliat dari Usaha Kecil dan Wisata Desa

Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur sejauh ini sangat dipertimbangkan di kalangan regional maupun nasional untuk turut serta menyumbang sektor perekonomian. Berbagai potensi, terutama sumber daya alam (SDA) begitu melimpah ruah dan membentang hampir di seluruh kecamatan.

Pengajuan Pernikahan Dini Capai 224 Usulan

Pernikahan dini dengan Dispensasi Perkawinan (Diska) di Kabupaten Tuban terus meningkat setiap tahunnya, Jumat (19/2/2016) Data terakhir yang dihimpun blokTuban.com, tahun 2015 ada 224 usulan pernikahan dini 

Catatan Akhir Tahun (27)

Angka Kematian Ibu dan Anak di Tuban Naik

Angka Kematian Anak (AKA) dan Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan secara drastis. Data yang didapat blokTuban.com, AKA di Tuban mencapai 186 kasus pada tahun 2014 dan naik menjadi 225 kasus pada tahun 2015. Sementara AKI mencapai 10 kasus pada tahun 2014 dan naik menjadi 12 kasus pada tahun 2015.

Catatan Akhir Tahun 2015 (26)

2015, Jumlah Siswa Madrasah Meningkat

Jumlah siswa Madrasah di Kabupaten Tuban pada tahun 2015 lalu mengalami peningkatan. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi instansi atau lembaga sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) itu.

Catatan Akhir Tahun (25)

80 Persen Lebih Laka Lantas Libatkan Roda Dua

Pengendara motor, atau roda dua, tampaknya harus lebih berhati-hati. Karena kendaraan jenis ini ternyata lebih rawan terlibat kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas). Data dari Unit Laka Satlantas Polres Tuban, satu tahun kemarin terjadi 1.065 Laka Lantas sepanjang tahun 2015. Dari jumlah ini, melibatkan kendaraan roda dua antara 80 sampai 90 persen.