Niat Jadi Ekowisata Desa Teganjal Infrastruktur

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kampung sapi di Desa Dasin, Kecamatan Tambakboyo, memang memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan desa-desa lain. Layaknya perkampungan manusia pada umumnya, kampung ini juga memiliki kelompok yang hanya dihuni oleh Sapi.

Potensi tersebut, memantik harapan warga dan Pemerintah Desa (Pemdes) Dasin agar kampung tersebut bisa menjadi salah satu ekowisata, atau tujuan wisata yang berwawasan lingkungan. Tentunya dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

"Kita berharap jika pemerintah bisa mendukung untuk menjadikan kampung sapi menjadi tempat wisata," Kata Kepala Desa (Kades) Dasin, Lukman Hakim kepada blokTuban.com.

Dia menilai, kampung sapi ini merupakan salah satu potensi wisata di Desa Dasin. Layaknya wisata kebun, kampung sapi ini juga menyuguhkan suasana yang sama, yakni deretan kandang yang seolah sudah menjadi perkampungan sapi.

"Kalau wisata kebun, di kanan kiri pengunjung akan melihat tanaman yang sama. Begitu juga wisata kampung sapi, yang dilihat di kanan kiri adalah ternak sapi," jelas Lukman.

Hanya saja, keinginan menjadikan kampung sapi sebagai tempat wisata terganjal infrastruktur atau akses jalan. Akses jalan untuk menuju kampung sapi memang belum memadai, karena jalan masih berupa tanah liat dan bebatuan. Menjadi kendala utama bagi pengunjung yang ingin mengunjungi kampung sapi.

"Ya jalannya yang menjadi kendala, karena belum masih tanah bebatuan," jelasnya.

Camat Tambakboyo, Erkhamni, mendukung apa yang menjadi niat dari warga. Dia menilai, apa yang menjadi harapan masyarakat Desa Dasin memang perlu diperhatikan. Yakni bagaimana agar Desa Dasin menjadi salah satu ekowisata, yang manfaatnya juga akan dirasakan Kabupaten Tuban.

"Saya mendukung apa yang diharapkan masyarakat Kampung Sapi Dasin," ujar Erkhamni.

Camat mengaku pihaknya sudah mengupayakan agar perbaikan akses jalan menuju kampung sapi bisa dilakukan. Mengingat Kampung sapi merupakan wisata yang perlu mendapat sentuhan agar bisa menjadi wahana edukasi bagi para pelajar atau mahasiswa. Terlebih Kampung sapi juga kerap menjadi langganan dari para mahasiswa peternakan saat Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"Dari nilai edukasi itu kan sudah mejadi sebuah potensi, itu yang KKN juga mahasiswa dari universitas ternama di Yogyakarta, saya mendukung upaya warga untuk menjadikan Kampung sapi sebagai kawasan ekowisata peternakan," pungkasnya. [nok/col]