Skip to main content

Category : Fokus


Keripik Gayam Khas Desa Sumber, Merakurak bagian 2 (Corak Bumi Wali Bagian 19)

600 Pohon Gayam Ada di Desa Sumber

Gayam merupakan tanaman khas bagi warga Desa Sumber. Tak heran, pohon buah inipun dapat diolah senikmat dan serenyah mungkin, hingga bisa memanjakan lidah.

Keripik Gayam Khas Desa Sumber, Merakurak bagian 1 (Corak Bumi Wali Bagian 18)

Keripik Gayam, Keripik Khas Desa Sumber

Tidak semua daerah di Kabupaten Tuban memproduksi keripik Gayam. Keripik dengan buah berkulit keras ini mampu menghasilkan rasa yang renyah dan nikmat, sehingga mampu memanjakan lidah setiap orang yang memakannya.

Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel bagian 2 (Corak Bumi Wali Bagian 17)

Gerabah Ngadirejo: Ketrampilan Lokal dan Upaya Pengembangan

Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, bukan daerah yang baru kemarin sore merintis usaha kerajinan gerabah. Wilayah bantaran Bengawan Solo tersebut sudah melakukan pekerjaan ini secara turun temurun.

Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel (Corak Bumi Wali Bagian 17)

Tangan Terampil Pembuat Gerabah dari Bengawan Solo

Bengawan Solo, nama yang diabadikan Gesang Martohartono dalam lagunya di era tahun 1945 memang populer. Tidak hanya di penjuru tanah air, namun juga di seantero Asia karena sering dinyanyikan para tentara Jepang. Sungai yang panjangnya mencapai 548,53 kilometer tersebut adalah terpanjang di pulau jawa, mempunyai wilayah administratif hulu, tengah, dan hilir yang ada di dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Desa Banyuurip, Kecamatan Senori

Ada Biogas dan Alternatif Wisata Desa

Bank Sampah Delima sudah dua tahun berjalan dan hidup di tengah-tengah masyarakat Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Pemerintah Desa (Pemdes) pun mengakui manfaat keberadaan bank tersebut, dan memberikan dukungan penuh kepada para perempuan yang menggalakkannya.

Jelajah Tuban

Segarnya Air Pekuwon Hingga ke Rumah-Rumah

Sumber air alami dari dataran tinggi Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban menjadi anugerah tak terkira. Sejauh ini, air dari irigasi disalurkan melalui pipa-pipa paralon ke rumah-rumah warga setempat.

Jelajah Tuban

Nikmati Keindahan Waduk Ngerong di Dataran Tinggi Pekuwon

Destinasi wisata alam di Kabupaten Tuban seakan tidak habis untuk diulas. Berbagai wistata rohani, bahari, goa dan bahkan sumber air alami menjadi icon Tuban Bumi Wali ini. Kali ini, Waduk Ngerong yang terletak di dataran tinggi Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel dapat menjadi alternatif menghabiskan liburan di akhir pekan ini.

Desa Maindu, Kecamatan Montong Bagian 2 (Corak Bumi Wali Bagian 16)

Proyeksi Pasar Hasil Bumi dan Potensi Wisata Sejarah

Hasil bumi yang melimpah, mulai dari buah sukun, jeruk, pisang, sampai aneka umbi-umbian menarik minat para tengkulak datang ke Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Selama ini, para petani pun hanya bisa menikmati sedikit dari jerih payah mereka berkebun dan bertani.

Desa Maindu, Kecamatan Montong Bagian 1 (Corak Bumi Wali Bagian 16)

Surga Hasil Bumi di Pegunungan Api Maindu

Api itu terlihat selalu menyala dan keluar langsung dari tanah. Berada di atas lahan sekitar 6x12 meter diantara petak-petak sawah yang lain. Lokasinya yang tidak jauh dari akses jalan raya, membuat api abadi di Desa Maindu, Kecamatan Montong, sering menjadi jujugan bermain warga dan pemuda buat melepas santai.

Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan Bagian 2 (Corak Bumi Wali Bagian 15)

Harapan Baru, Bertekad Kembangkan Jeruk Buah

Tanaman jeruk seluas 50 hektare yang dibudidayakan para petani Dusun Trembul, Desa Mulyorejo, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, dinilai membawa manfaat cukup besar buat perekonomian warga sekitar. Alasan itulah yang membuat Pemerintah Desa (Pemdes) berkeinginan terus melakukan pengembangan, baik dari segi jumlah atau pun kualitas.