Gerabah Ngadirejo: Ketrampilan Lokal dan Upaya Pengembangan

Reporter: Dwi Rahayu, Edy Purnomo

blokTuban.com – Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, bukan daerah yang baru kemarin sore merintis usaha kerajinan gerabah. Wilayah bantaran Bengawan Solo tersebut sudah melakukan pekerjaan ini secara turun temurun.

Kepala Desa (Kades) Ngadirejo, Kasturi, membuat gerabah sudah menjadi salah satu tumpuan ekonomi warga. “(kerajinan) gerabah sudah sejak lama, barangkali sebelum tahun 1950 sudah ada,” kata Kasturi.

Pembuat gerbah di desa seluas 275 hektar itu menyebar di tiga dusun. Dusun Jetis, terkenal dengan kerajinan gerabah jenis cobek, kuali, dan perkakas dapur yang lain. Kemudian Dusun Gemblo, yang terkenal dengan gerabah jenis gentong dan jamban besar buat tempat air. Dan terakhir adalah Dusun Tawangsari, yang dulu terkenal sebagai pengrajin genting.

Bengawan Solo yang mengaliri desa setempat seolah menjadi berkah bagi warga. Karena semua produk gerabah di Desa Ngadirejo, memanfaatkan tanah liat dari bantaran sungai Bengawan Solo dan pasir yang ada di dasarnya. Hanya campuran tanah saja yang harus didatangkan dari kawasan dataran tinggi di Kecamatan Grabagan.

Pemdes menjelaskan sudah melakukan pengorganisasian pengrajin gerabah. Selain memudahkan melakukan penyaluran bantuan, juga supaya lebih mudah dilakukan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kapasitas. Dengan begitu, hasil pelatihan bisa dipadukan denga ketrampilan membentuk dan meliatkan tanah menjadi barang bernilai jual yang sudah didapat secara turun temurun.

“Beberapa kali sudah diadakan pelatihan dari Pemkab Tuban dengan mendatangkan pengrajin gerabah kasongan dari Yogyakarta,” kata Kasturi.

Puncak produksi kerajinan gerabah ketika musim kemarau. Dimana mereka dimudahkan melakukan proses penjemuran dan pembakaran. Kasturi mengatakan, ketika panas matahari bersahabat mereka bisa menghasilkan sampai satu mobil pick up dalam satu minggu.

Camat Rengel, M Mahmud, berharap potensi di Desa Ngadirejo bisa terus berkembang. Sekarang pengrajin semakin piawai melakukan produksi, salah satunya dengan membuat terobosan menciptakan barang bernilai seni tinggi. Dengan paduan ornamen, hiasan, dan sentuhan-sentuhan seni yang lain.

"Karena kerajinan ini tidak hanya dilakukan satu orang saja, namun dilakukan banyak warga dalam satu desa," jelas Mahmud. Selesai.

SEKILAS DESA NGADIREJO

- Nama Desa: Ngadirejo
- Kecamatan: Rengel
- Kabupaten: Tuban
- Luas wilayah: 275 Ha
- Batas Desa:
  - Sebelah  Utara: Desa Sumberejo
  - Sebelah  Selatan: Desa Kanorejo
  - Sebelah Barat: Desa Sawahan
  - Sebelah Timur: Bengawan Solo
- Ekonomi  Warga: Kerajinan gerabah dan pertanian