Puting Beliung, Sapu Puluhan Rumah di Senori Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan rumah warga Desa Wanglukulon, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban rusak, akibat diterjang bencana angin puting beliung, Senin (3/10/2016) petang.

Warga setempat, Mukson mengatakan, kejadian yang begitu dahsyat itu berhasil menghancurkan 23 rumah warga yang terletak di RT.01, RT.03, RW. 01 dan RT.10 Desa Wanglukulon, Senori.

"Yang paling parah ada dua rumah, milik Rustikah seorang janda dan Maslakah," jelas Mukson kepada blokTuban.com, Senin (3/10/2016).

Bencana angin puting beliung yang melanda wilayah setempat bersamaan dengan hujan deras. Tiba-tiba angin berputar kencang menyapu rumah-rumah warga. Dalam sekejap, bangunan rumah sudah porak-poranda. Kerusakan paling banyak adalah atap rumah yang beterbangan.

“Dua rumah yang rusak parah sementara tidak bisa ditempati,” imbuh Pria yang juga anggota DPRD Tuban itu.

Sementara pemilik rumah yang rusak parah saat ini mengungsi di rumah tetangga. Selain puluhan rumah, bencana angin puting beliung yang melanda juga merusak fasilitas umum. Di antaranya kabel listrik milik PLN yang melintang di atas jalan makam Dusun Gayu, Desa Wanglukulon putus.

"Tidak ada korban jiwa, Namun diperkirakan kerugian materi puluhan juta rupiah," jelasnya.

Terpisah Camat Senori, Eko Julianto membenarkan musibah yang menimpa warganya. Pihaknya juga mendapat laporan dari perangkat desa di lokasi. Kemudian pihaknya meneruskan laporan ke Pemerintah Kabupaten Tuban untuk segera ditangani.

"Sekitar pukul 17.30 WIB, saya mendapat laporan dari perangkat setempat dan langsung melaporkan ke BPBD," pungkasnya. [rof/col]