Puluhan Warga Geneng Terserang Penyakit Gondongan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan warga Dusun Geneng, Desa Kedungmulyo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban terserang penyakit Gondongan. Bagi penderita Gondongan mengalami pembengkakan terletak tepat di bawah telinga di samping wajah. Tak ayal, orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar.

Rodliyana (22) warga setempat menjelaskan, sudah satu minggu adiknya yang duduk di kelas 4 Sekolah Dasar (SD) tidak bisa mengikuti ujian tengah semester (UTS) karena terserang penyakit Gondongan. Penyakit tersebut awal mula datang bersamaan panas tinggi yang dirasakan adiknya, kemudian muncul benjolan seperti bengkak pada bagian samping wajah disertai rasa nyeri.

"Awalnya itu panas, tiba-tiba membengkak," ujar Rodliyana ketika ditemui blokTuban.com, Rabu (5/10/2016).

Lebih lanjut, ia katakan, dalam satu rumah sudah ada tiga anggota keluarga yang terkena penyakit ini. Bermula dari adiknya yang masih PAUD, kemudian neneknya, dan yang terakhir adalah M. Tri Prasetyo, adiknya yang masih SD itu.

"Penyakit ini menular, ketika ada tetangga satu yang kena akhirnya yang lain juga ikut terjangkit," ucapnya.

Terpisah, Kader Posyandu Anggrek VI, Desa Kedungmulyo, Samirah (43) menuturkan, penyakit Gondongan di desanya hampir satu bulan terakhir ini. Jumlah penderita penyakit itu terus bertambah.

"Secara bergantian penyakit itu menular, ketika yang satu sembuh lain orang terkena lagi," papar Samirah.

Gejalanya rata-rata mengalami panas tinggi disertai pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Sebagian warga hampir merata anak-anak dan orang dewasa terserang penyakit serupa.

"Anak saya juga kena, tetapi hari ini sudah sembuh dan masuk sekolah," akunya.

Diungkapkan, ketika anaknya terserang Gondongan, kondisinya cukup memprihatinkan dan merintih kesakitan. Anak yang terserang penyakit gondongan rata-rata tidak mau makan karena merasa sakit saat menelan.[rof/ito]