Skip to main content

Category : Fokus


Serpihan Agresi Militer II di Tuban-Bojonegoro (1)

Pengintai Kapal Belanda di Tuban

Pantai Glondonggede berjarak sekitar 30 kilometer di sisi barat pusat pemerintahan Kabupaten Tuban, dan masuk wilayah administratif Wedana Tambakboyo (sekarang Kecamatan Tambakboyo). Bentang pantai yang cukup panjang dengan kondisi yang relatif sepi dibanding pantai yang berada di pusat kota, lebih memungkinkan pasukan marinir Belanda mendarat tanpa mendapat gangguan dari pasukan gerilya.

Cerita Perjuangan Kemerdekaan

Agresi Militer II dari Tuban Sampai Bojonegoro

Perjuangan sebelum dan sesudah teks proklamasi kemerdekaan dibacakan selalu menarik diceritakan ulang. Setiap daerah, termasuk Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, mempunyai tokoh-tokoh lokal dengan cerita heroisme sendiri-sendiri.

Cerita Rakyat (Asal Usul Desa Maibit)

Derma Mbah Bibit Pada Sri Panganti

Pada wilayah administrasi Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban terdapat salah satu desa yang ditumbuhi pohon tua besar, lalu di bawahnya mengalir sumber air alami. Orang-orang sekitar kemudian menjadi tergantung akan air yang melimpah tidak kenal musim tersebut.

Cerita Rakyat

Sejarah Desa Klakeh Kecamatan Bangilan

Kaitan sejarah perjuangan Bupati Tuban ke-8, RH. Wilwatekta dalam menyebarkan agama Islam di Bumi Wali sebutan kota Tuban, memang cukup beragam. Salah satunya dengan sejarah berdirinya atau asal-usul Desa Klakeh, Kecamatan Bangilan.

Cerita Rakyat

Nama Desa Dagangan dah Kisah Adipati Tuban Ke-7

Desa Dagangan, adalah salah satu desa yang berada di bagian utara Kecamatan Parengan, di desa yang memiliki enam dusun tersebut ada sebuah komplek makam tua, yang tak lain disebut warga setempat sebagai makam Bupati Tuban yang Ke-7 yakni Syekh Abdurrohman atau Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo.

Cerita Rakyat Tuban

Bektiharjo dan Sekelumit Kisah Bupati Pertama Tuban

Siapa yang tidak pernah mendengar Pemandian Bektiharjo? Bagi warga Tuban, nama sendang dengan air jernih dilengkapi kolam renang itu sudah begitu melekat dengan sejarah Kabupaten Tuban.

Cerita Rakyat Tuban

Cerita Dewi Laras dan Hewan Keramat di Goa Ngerong

Desa Rengel, Kecamatan Rengel, mempunyai tempat wisata alam andalan. Goa Ngerong, namanya. Goa dengan aliran sungai di bawahnya, dan tempat hidup jutaan kelelawar itu menjadi salah satu andalan pendapatan asli desa setempat.

Kaleidoskop 2016 (14)

Angka Perkara di PA Tahun 2016 Alami Penurunan

 Pengadilan Agama (PA) Tuban menerima laporan perkara perceraian sebanyak 3.143 sepanjang tahun 2016. Angka itu dinilai menurun dibandingkan perkara yang ditangani tahun lalu.

Kaleidoskop 2016 (14)

Trend Angka Tilang 2016 Menurun

<div dir="auto">Selama Tahun 2016, trend angka tilang di wilayah hukum Polres Tuban menurun. Angka tersebut merupakan perbandingan dari tahun 2015.</div> &nbsp;