Kabupaten Tuban Raih 4 Medali di Porsadin ke-6 Jawa Timur

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Gelaran Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Diniyah (Porsadin) ke-6 tingkat Jawa Timur yang berlangsung di Pondok Pesantren Nurul Islam, Kabupaten Mojokerto, telah resmi berakhir pada 29 September 2024. Kabupaten Tuban berhasil membawa pulang empat medali dari ajang tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Umi Kulsum, mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih kontingen Tuban. 

“Semoga ini bisa menginspirasi santri-santri lainnya untuk terus meningkatkan kompetensi dan prestasi di bidang masing-masing. Kita yakin santri itu serba bisa,” ujarnya dikutip Jumat (4/10/2024). 

Sementara itu, Plt. Kepala Seksi Pendidikan Diniyah & Pondok Pesantren (PD.Pontren) Kemenag Tuban, Imam Syafi'i, menjelaskan bahwa Kabupaten Tuban melalui FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) membawa pulang empat piala. 

"Kabupaten Tuban berhasil meraih empat kejuaraan, di antaranya Juara 2 Puisi Bahasa Indonesia yang diraih oleh Muhammad Abdur Rosyid Arjo Saputro dari MDT Al Mubarookah, dan Harapan 1 Murotal oleh Muhammad Ammar Zidane juga dari MDT Al Mubarookah," paparnya.

Ia menambahkan, pada cabang MTQ Wustha, Indra Syahdan Addawut dari MDT Miftahul Huda meraih juara Harapan 2, sementara Ridlo Ismarun Nugroho dari MDT Al Mubarookah memenangkan juara Harapan 3 untuk Lomba Pidato Bahasa Indonesia. 

“Semua madrasah diniyah tersebut berasal dari Kecamatan Singgahan,” lanjut Imam Syafi'i.

Sebagai informasi, beberapa cabang yang diperlombakan dalam Porsadin meliputi Tahfidz Juz Amma, MQK Safinatunnaja, Cerdas Cermat Diniyah, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, MTQ, Murotal Wal Imla', Kaligrafi, Puisi Islami, hingga cabang olahraga seperti Lari Sprint 100 meter, Bulu Tangkis Single dan Double, Tenis Meja Single dan Double, serta Catur Cepat. Khusus untuk tingkat Wustha, cabang yang dilombakan antara lain Mutsabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) dan Mutsabaqoh Qira'atil Kitab (MQK). [Rof/Ali]