Puding Mangga hingga Dimsum, Resep Sehat dalam Pelatihan Pencegahan Stunting Tuban

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan gizi guna mewujudkan generasi masa depan yang sehat dan berkelanjutan, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menggelar pelatihan pengolahan makanan lokal sehat untuk mencegah stunting

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, mulai 1 hingga 3 Oktober 2024, dilaksanakan di Rumah Kreatif Tuwuh Mendhiri dan diikuti oleh 120 kader kesehatan dari enam desa di sekitar pabrik SBI Tuban.

Kepala Dinas Kesehatan dan P2KB Kabupaten Tuban, Dra. Esti Surahmi, Apt., mengapresiasi dedikasi para kader kesehatan yang aktif mewujudkan masyarakat sehat melalui Posyandu. 

Ia menekankan pentingnya penerapan pola hidup sehat dan makanan bergizi sebagai kunci utama pencegahan stunting. 

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan para kader dalam upaya menekan angka stunting,” ujarnya.

Kabupaten Tuban sendiri telah mencatat penurunan angka stunting dari 24,9% pada 2022 menjadi 17,8% pada 2023. Angka ini masih mendekati rata-rata provinsi Jawa Timur yang mencapai 17,7% pada tahun yang sama.

M. Yunani Rizzal, General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Tuban, optimistis bahwa pelatihan ini akan berkontribusi signifikan dalam upaya menurunkan angka stunting di Tuban. 

“Kami mendukung penuh program ini agar target penurunan stunting hingga satu digit dapat tercapai,” tegasnya.

Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama antara SBI Pabrik Tuban, anak usaha SIG, dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melalui Puskesmas Jenu, Tambakboyo, dan Gaji. 

Kegiatan ini diikuti oleh kader Posyandu dari Desa Karangasem, Glondonggede, Kedungrejo, Mliwang, Merkawang, dan Sawir.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan mencakup pengetahuan tentang gizi ibu hamil, penanganan gizi 1000 hari pertama kehidupan, keamanan pangan, serta resep makanan sehat berbahan dasar lokal seperti puding mangga dan dimsum udang ayam. [Rof/Ali]