Seminar Nasional PBAK UAI Tuban, Ning Lia Beri Tips Kepemimpinan

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Semarak kegiatan Penyelenggaraan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Al Hikmah Indonesia (UAI) Tuban di hari kedua, Minggu (15/09/2024) ditandai dengan kehadiran Narasumber Nasional, Lia Istifhama dari Surabaya, yang juga Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) terpilih dari Jawa Timur. Bertempat di lantai 3 Gedung A Kampus UAI Tuban, kegiatan seminar nasional berlangsung meriah.

Pada session seminar nasional yang dipandu oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan kerjasama Kampus UAI Tuban, Muhammad Aziz. Dalam seminarnya, perempuan yang akrab disapa Ning Lia ini, banyak mengupas tentang kiat-kiat mahasiswa dan pemuda agar mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin masa depan, karena dengan mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan, maka seseorang akan selalu siap, jika suatu saat nanti terpilih dan diamanahi memangku jabatan dan kekuasaan publik tertentu di lembaga pemerintah atau lembaga lainnya.

"Mahasiswa dan pemuda agar senantiasa mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin masa depan, dan harus siap dalam situasi dan kondisi apapun," ujarnya.

Pemilik nama lengkap Lia Istifhama ini, juga memberikan tips dan cara-cara supaya mahasiswa dapat menampilkan dan mencitrakan diri secara publik di dunia medsos dengan citra dan branding yang positif. Diantaranya, harus selalu menampilkan kegiatan aktualisasi diri kepada publik secara masif dan terus menerus, kemudian tidak lupa selalu berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang berpijak pada pemberdayaan pedesaan.

"Kita harus menampilkan kegiatan aktualisasi diri kepada publik secara masif dan berkelanjutan," tambah Ning Lia.

Selain itu, menurut Alumni Program Doktor UIN Sunan Ampel Surabaya ini, sebagai mahasiswa harus berpacu dan bersemangat dalam kegiatan kemitraan dengan pemerintah, agar supaya memahami dan dapat mengkritisi setiap kebijakan yang tidak berpijak pada masyarakat kecil. 

Sebelumnya, Muhammad Aziz menyampaikan, selamat kepada mahasiswa UAI Tuban yang sudah mendaftarkan diri di kampus tersebut. Selain itu, Azis berharap agar mahasiswa baru juga dapat menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan baik bersama pihak kampus.

“Selamat kepada mahasiswa baru UAI Tuban bergabung menjadi bagian keluarga besar kami, semoga ke depannya dapat saling berkomunikasi dan kolaborasi dengan baik dan bermanfaat”.

Azis menambahkan bahwa yang terpenting dari kegiatan PBAK di kampus, ini merupakan tempat awal silaturahmi bagi mahasiswa baru untuk membentuk Ukhuwah Islamiyah di kampus pesantren ini. Serta memulai perjalanan mereka dengan tekad kuat, sehingga mereka dapat berkembang secara maksimal selama masa studi di kampus.

“PBAK merupakan garda awal seorang mahasiswa untuk bersemangat dalam mengarungi diri sebagai mahasiswa yang selalu menahbiskan diri sebagai agen perubahan, dengan ada kesemangatan pada diri mahasiswa di fase awal ini, yakinlah bahwa seorang mahasiswa akan senantiasa konsisten bersemangat dalam fase-fase selanjutnya sebagai mahasiswa,” tandasnya.[Rul/Rof]