Revitalisasi Pantai Boom Tuban, KKN Abmas ITS Dorong Pengelolaan Sampah Domestik di Tiga Kelurahan

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Tim KKN Pengabdian Masyarakat (KKN) Abmas ITS bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban dan tiga kelurahan sekitar Pantai Boom Tuban melakukan inisiasi pengelolaan sampah domestik, Rabu (04/09/2024).

Rangkaian kegiatan dimulai dari survey kondisi pengelolaan sampah di sekitar pantai, khususnya pesisir sisi barat.

“Ada rencana revitalisasi Pantai Boom untuk membangkitkan pariwisata, kebersihan adalah salah satu komponen penting. Dari hasil survey awal kami bersepakat untuk menurunkan mahasiswa untuk mengukur timbulan sampah domestik di Kelurahan Karangsari, Sidomulyo dan Kutorejo,” Terang Prof. Harmin Sulistiyaning Titah, ketua KKN Abmas.

Guru besar dari Teknik Lingkungan ITS tersebut menambahkan bahwa kegiatan KKN Abmas telah dimulai sekitar dua bulan lalu. Salah satu hasil penting yang ditemukan mahasiswa adalah bahwa jenis timbulan sampah dari ketiga kelurahan didominasi oleh sampah organik yang mencapai lebih dari 60%.

“Secara jumlah, rata-rata per orang menghasilkan sekitar 0,3-0,4 kg/hari. Mayoritasnya adalah sampah organik. Oleh karena itu, di kegiatan penutupan hari ini kami berikan komposter komunal untuk mengolah sampah organik. Semoga bisa mengurangi sampah yang masuk ke pantai,” tambah Prof Harmin.

Acara KKN Abmas ditutup dengan FGD (focuss group discussion) mengundang warga dan seluruh pihak terkait. Diketahui bahwa warga kelurahan cukup antusias dengan rencana pengembangan pariwisata dan mereka berkomitmen untuk memperbaiki pengelolaan sampah.[Rul/Rof]