Panggung Seni KKN PAR UAI Tuban Semarakkan Desa Kanten Bojonegoro

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Desa Kanten, Kecamatan Trucuk Bojonegoro, menjadi saksi suksesnya penyelenggaraan acara panggung seni yang digelar oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis Participatory Action Research (PAR) dari Kampus Universitas Al-Hikmah Indonesia (UAI) Tuban, Minggu (25/08/2024).

Dengan mengusung tema “Semarak Malam Talenta”, yang diikuti oleh lapisan masyarakat Desa Kanten berhasil menampilkan 20 pertunjukan dari anak-anak desa dan juga pemuda-pemudi yang penuh bakat dan semangat.

Di bawah bimbingan Pemdes desa Kanten dan dosen pendamping lapangan, Abdul Jalil dan Nurul Novita Sari, para mahasiswa merencanakan dan melaksanakan kegiatan pentas seni ini dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi bakat dan kreativitas SDM desa sekaligus menjadikan anak-anak yang berbakat dan bertalenta yang mencerminkan budaya masyarakat setempat, dengan berbagai bentuk kreativitas kostum dan tampilan jenis seni termasuk tari tradisional tapong, gundul-gundul pacul, nyanyian dan puisi.

Acara ini berlangsung pukul 19.15-10.30 Wib yang bertempat di halaman balai desa Kanten, yang disulap menjadi panggung talenta yang megah dan meriah. Selain pentas seni di pagi hari perangkat Desa Kanten telah melaksanakan jalan sehat desa sekaligus undian hadiah yang dikoordinatori oleh mahasiswa KKN PAR UAI Tuban. Dengan Partisipasi yang penuh dari masyarakat desa, acara ini berhasil menciptakan suasana kebersamaan dalam memperkuat ikatan sosial warga desa Kanten 

Mustika, selaku Sekretaris Desa Kanten berharap agar kegiatan serupa dapat terlaksana kembali dengan lebih meriah, yang melibatkan berbagai pihak terkait.

“Acara ini, dikemudian hari dapat terlaksana dengan lebih meriah dan lebih banyak tampilan-tampilan kreativitas dari penduduk desa, dan semoga dapat menginspirasi desa lain, maupun lembaga pendidikan agar menjadi tradisi yang memperkaya kehidupan sosial di desa,” turunnya.

Disamping itu, Mustika menyampaikan rasa terima kasihnya kapada mahasiswa KKN UAI Tuban yang telah berjuang penuh demi suksesnya kegiatan yang berlangsung. Menurutnya, berkat dukungan mahasiswa, kegiatan tersebut aman terkendali.

“Saya mewakili Pemdes Desa Kanten mengucapkan terima kasih atas kontribusinya telah membantu mengawal acara ini dengan sukses” ujar beliau.[Rul/Rof]