Dari Kita untuk Alam: Mahasiswa IAINU Tuban Tanam Pohon di Pantai Dermaga Purworejo

Reporter: Dahrul Mustaqim
blokTuban.com - Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan serta mengembangkan potensi wisata Pantai Dermaga Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, mahasiswa Insitut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban mengadakan kegiatan penanaman pohon di Pantai Dermaga, Senin (19/08/2024).

Dengan tema "Dari Kita untuk Alam, dan Dari Alam untuk Kita," penanaman pohon di area pantai diharapkan dapat mengurangi dampak abrasi yang kerap mengancam pesisir dan sekaligus meningkatkan kualitas ekosistem di sekitar pantai.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Mahasiswa IAINU Tuban disambut baik oleh Kepala Desa Purworejo, Muqsamiadi. Pihaknya sangat mendukung kegiatan yang tengah berlangsung. Sebab, Muqsamiadi menilai program tanam pohon bisa memberikan efek positif di lingkungan sekutar pantai.

“Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman IAINU Tuban yang sudah membantu menyediakan bibit pepohonan sekaligus melakukan penanaman di Pantai Dermaga. Semoga pohon-pohon ini dapat tumbuh besar, membuat pantai menjadi rindang, dan nyaman untuk berteduh bagi para pengunjung,” ungkap Kepala Desa Purworejo.

Di waktu yang sama, Firda, Perwakilan dari Pokdarwis Pantai Dermaga juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Firda mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh mahasiswa IAINU adalah bentuk kepedulian terhadap alam dalam jangka panjang.

“Selain menjaga kelestarian alam, juga berperan dalam mengembangkan potensi wisata Pantai Dermaga,” ujarnya.

Selain itu, salah satu mahasiswa peserta, Iqbal, menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan pengalaman berharga dalam memahami pentingnya pelestarian lingkungan sekaligus mempererat kebersamaan di antara mahasiswa.

“Kegiatan ini tidak hanya mengajarkan kami tentang pentingnya pelestarian lingkungan, tetapi juga mempererat kebersamaan kami sebagai mahasiswa yang peduli akan masa depan bumi,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat, terutama generasi muda, semakin peduli terhadap lingkungan dan terus berupaya melestarikan alam sekitar. Pohon-pohon yang ditanam juga diharapkan dapat tumbuh subur, memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Kegiatan ini menjadi langkah konkret dalam upaya menjaga kelestarian alam dan mengembangkan potensi wisata lokal.

Adapun kegiatan tanam pohon tersebut dihadiri dan diikuti oleh Kepala Desa Purworejo, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pokdarwis Pantai Dermaga dan Mahasiswa IAINU Tuban.[Rul/Rof]