Dukung UMKM Lokal, Mahasiswa IAINU Tuban Gelar Pendampingan Sertifikasi Halal

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban melaksanakan kegiatan pendampingan sertifikasi halal yang bertempat di Balai Desa Borehbangle, Kecamatan Merakurak. Kegiatan ini merupakan bagian dari program yang bertujuan untuk membantu masyarakat desa dalam mengembangkan usaha lokal melalui sertifikasi halal, Selasa (13/08/2024).

Tema yang diusung oleh mahasiswa IAINU Tuban kali ini adalah "Strategi Pengembangan dan Edukasi Sertifikasi Halal Guna Meningkatkan Kualitas Bisnis Lokal di Era Digital." Tema ini dipilih untuk menekankan pentingnya sertifikasi halal dalam meningkatkan daya saing produk lokal, khususnya di era digital yang semakin berkembang.

Dalam seminar tersebut, Idha Sofiatun, yang bertindak sebagai pemateri, menyampaikan bahwa pentingnya produk makanan khususnya yang masuk keseluruh daerah di Indonesia agar diberikan label halal.

"Produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal."

Hal ini sejalan dengan peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap produk yang dipasarkan di Indonesia untuk memiliki sertifikasi halal, guna memastikan bahwa produk tersebut aman dan sesuai dengan syariat Islam.

Tujuan utama dari seminar ini adalah memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Borehbangle agar dapat memperoleh sertifikasi halal.

Sertifikasi ini dianggap penting untuk membantu UMKM dalam mengembangkan dan memperkuat usaha mereka, yang pada akhirnya dapat berkontribusi positif terhadap perekonomian lokal.

Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk memberdayakan ibu-ibu PKK yang terlibat dalam usaha kecil dan menengah. Melalui pengetahuan yang didapat dari seminar ini, diharapkan mereka dapat mengelola dan mengembangkan usaha mereka dengan lebih baik. Peningkatan kualitas usaha ini juga diharapkan dapat berdampak langsung pada peningkatan pendapatan keluarga.

Kegiatan pendampingan sertifikasi halal ini mendapat respon positif dari peserta, terutama para pelaku UMKM dan ibu-ibu PKK di Desa Borehbangle. Mereka merasa mendapatkan wawasan baru yang sangat berguna dalam upaya mengembangkan usaha mereka di tengah tantangan era digital.

Para mahasiswa IAINU Tuban berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk lokal di Desa Borehbangle.[Rul/Fiq]