Masyarakat Plandirejo Rayakan HUT ke79 RI dengan Semangat Kebersamaan yang Tinggi

blokTuban.com - Masyarakat Desa Plandirejo menunjukkan antusiasme yang luar biasa dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia. Semangat kebersamaan dan cinta tanah air tampak jelas dari berbagai kegiatan yang digelar oleh warga desa, menjadikan peringatan tahun ini semakin meriah dan penuh semangat, Sabtu (17/08/2024).

Perayaan dimulai sejak pagi hari dengan upacara bendera yang diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari siswa MI, MTs, MA, SMK, Organisasi Ansor, Fatayat, IPPNU, Pagar Nusa, PKK dan Perangkat Desa.

Upacara yang berlangsung khidmat di lapangan desa tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Plandirejo. Bapak Yudi Suwarno, Dalam pidatonya, beliau mengajak seluruh warga untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan semangat gotong royong demi kemajuan desa.

Setelah upacara, diadakan acara pengundian kupon berhadiah bagi warga yang mengikuti upacara. Banyak perlombaan yang mengiringi untuk memeriahkan HUT RI Ke-79 ini Mulai dari voli, sepak bola, memasukan air dalam botol, hingga makan krupuk, semuanya berlangsung meriah dengan partisipasi aktif dari warga, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Gelak tawa dan sorak-sorai warga yang menyaksikan perlombaan menambah semarak suasana HUT RI ke-79 di Plandirejo.

Tak ketinggalan, pada malam harinya, digelar juga acara syukuran sebagai bentuk tradisi Masyarakat plandirejo yang telah turun temurun yang di adakan di balai desa dan dihadiri Ketua RT Dan Perangkat Desa. Kemudian dilanjutkan syukuran di RT masing-masing oleh seluruh Masyarakat Plandirejo. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan kebersamaan.

Kepala Desa Plandirejo mengungkapkan rasa bangganya terhadap antusiasme masyarakat dalam memeriahkan peringatan HUT RI kali ini. "Semangat kebersamaan dan rasa cinta tanah air yang ditunjukkan oleh warga Desa Plandirejo sangat luar biasa. Ini menjadi bukti bahwa semangat kemerdekaan terus hidup dan mengakar dalam diri kita semua," ujar beliau.

Perayaan HUT RI ke-79 di Desa Plandirejo berhasil menggugah rasa kebersamaan dan nasionalisme warganya. Kemeriahan dan semangat yang ditunjukkan oleh masyarakat dalam setiap kegiatan menjadi cerminan kuatnya jiwa gotong royong yang selalu menjadi kekuatan bangsa Indonesia.[Ana/Rul]

Penulis: Ananda Wachidatur Rosida, Mahasiswa Universitas Al Hikmah Indonesia (UAI) Tuban.