Rebranding Packaging UMKM Kerupuk Ikan oleh KKN UAI Tuban Desa Sumber

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kampus Universitas Al Hikmah Indonesia (UAI) Tuban melangsungkan kegiatannya di Desa Sumber. Usai melakukan observasi pada salah satu pengembang Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sumber Kecamatan Merakurak pada Minggu (25/08/2024). 

Iin, salah satu mahasiswa UAI Tuban saat di lapangan menemukan kendala dalam kemasan produk Kerupuk Ikan yang belum berlabel dia menyampaikan adanya rebranding.

Bagi pengusaha UMKM adalah ’’identitas’’ bagi pelaku usaha UMKM. Bahwa, labeling adalah ’’identitas’’ dalam hal kekayaan intelektual yang harus tetap terjaga sebagai komponen penting aset berharga dari nilai guna.

’’Dengan adanya rebranding produk kemasan milik Bapak Matdarkah akan membawa produk UMKM yang bernilai jual yang lebih tinggi sekaligus terjaganya produk dari curian orang lain,’’ ungkapnya.

Ia juga berharap, setelah kegiatan ini usaha UMKM tersebut dapat tersebar luas setelah lebih dari 2 tahun memproduksi dengan branding yang telah terdaftar halal oleh Indonesia.[Rul/Rof]