Roadshow RMI PCNU Tuban: Langkah Nyata dalam Menjaga Hubungan dan Afiliasi Ponpes

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban menggelar roadshow ke 170 pondok pesantren di Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang berlangsung dari pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus 2024 bertujuan untuk memperkuat hubungan antar pondok dan memperjelas afiliasi pondok-pondok yang bernaung di bawah NU.

Ketua RMI, KH. Alam Faridh, menyampaikan bahwa silaturahmi ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antar pondok serta memperjelas afiliasi pondok-pondok yang berada di bawah naungan NU. Hal ini penting, mengingat beberapa kasus negatif yang terjadi belakangan ini, seperti kasus asusila, seringkali dikaitkan dengan pondok pesantren NU, padahal kenyataannya bukan.

"Silaturahmi ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antar pondok serta memperjelas afiliasi pondok-pondok yang berada di bawah naungan NU," terangnya.

Ketua SDM RMINU, Ahmad Muadzin, menambahkan bahwa kunjungan ini merupakan langkah awal yang baik, terutama bagi pondok-pondok baru yang masih membutuhkan pembinaan, baik dalam pengembangan sumber daya manusia maupun dalam hal jalur komunikasi dengan pihak-pihak terkait seperti perizinan lembaga ke Kementerian Agama atau Dinas Pendidikan.

"kunjungan ini merupakan langkah awal yang baik, terutama bagi pondok-pondok baru yang masih membutuhkan pembinaan," jelas Ahmad Muadzin.

Sementara itu Sekretaris RMINU, Gus M. Ali Makshum, menjelaskan bahwa agenda roadshow ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya, yaitu halaqah para pengasuh pondok pesantren se-Kabupaten Tuban. Dalam kesempatan itu, RMINU berjanji akan turun langsung ke lapangan serta membagikan papan nama bagi pondok pesantren yang terafiliasi dengan RMINU.

"Kita mencoba untuk mengenal lebih jauh pondok-pondok yang ada di Tuban ini, agenda roadshow ini dilakukan adalah tindak lanjut dari agenda sebelumnya yaitu halaqoh pengasuh ponpes," ungkapnya.

Saat ditanyaTerkait dengan Pilkada yang akan datang, Gus Makshum menegaskan bahwa fokus utama lembaga ini adalah mendidik para santri.

Namun, RMINU Tuban berharap siapapun yang terpilih sebagai pemimpin di Kabupaten Tuban tetap menjalin sinergi dengan pondok pesantren, mengingat peran penting pondok pesantren dalam membantu pemerintah mencerdaskan bangsa.

Disisi lain salah satu dari pengasuh pondok pesantren yang dikunjungi juga mengucapkan terimakasih kepada pihak RMINU karena dirasa masih turut serta mengurusi pondok di Tuban.

"Terimakasih untuk pengurus RMI PCNU Tuban periode ini yang sudah mulai gerak dan mau ngopeni ponpes, mudah-mudahan terus bisa mengawal ponpes di bawah NU untuk menjadi lebih baik," ujar Gus Abdullah bin Ahmad Siddiq dari Pondok Pesantren Daruttauhid Al Alawi Sendang, Senori.