Pelaku UMKM Desa Kanten Dapat Sertifikat Halal, Mahasiswa KKN UAI Dorong Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Participatory Action Research (PAR) Universitas Al Hikmah (UAI) Tuban Indonesia menggelar seminar aksi pendampingan Sertifikat halal dan strategi tembus pasar global untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (03/09/2024).

Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN berkolaborasi dengan pihak Kemenag Kabupaten Tuban fokus pada program pendampingan Sertifikasi halal untuk pelaku UMKM Desa Kanten yang antusias pada acara tersebut.

Acara ini di hadiri sebanyak 35 pelaku UMKM desa dan juga pemuda Karang Taruna yang sama hadir dalam Kegiatan ini. Menurut salah satu pelaku UMKM mengaku sangat terbantu dengan kegiatan yang terlaksana.

"Kami bersyukur dapat terbantu dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN, semoga dengan adanya kegiatan ini ke depannya pelaku UMKM desa Kanten dapat lebih berkembang hingga sampai kancah nasional," ujar Ibu Mahfudhoh selaku pelaku UMKM.

Seminar aksi ini merupakan langkah nyata dari program mahasiswa KKN UAI dalam pemberdayaan masyarakat Desa Kanten untuk memaksimalkan perekonomian yang ada di desa, bersama Dr. Aziz, (Ketua Halal Center UAI) dan Tatang Aulia Rahma (pendamping Sertifikasi Halal Kabupaten Bojonegoro) bertujuan memberikan Fasilitas terbaik dalam upaya strategis memberdayakan pelaku UMKM desa Kanten.

Ulin Nuha, salah satu mahasiswa KKN PAR UAI menjelaskan proses pendampingan ini meliputi sosialisasi bimbingan teknis, hingga membantu penyiapan dokumen, sekaligus cara startegi dalam pemasaran produk halal untuk bisa bersaing lebih kompetitif.

Dengan adanya sertifikat halal yang didapat semoga dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM Desa Kanten dalam mendorong pertumbuhan perekonomian desa sesuai dengan apa yang diharapkan ke depannya.[Rul/Rof]