Sumpah Janji Pejabat Baru: Unirow Tuban Lantik Direktur Pascasarjana, Kaprodi, dan Kepala SIPD

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Universitas PGRI Ronggolawe Tuban resmi melantik Direktur Pascasarjana, Ketua Program Studi, dan Kepala UPT Sistem Informasi dan Pangkalan Data untuk periode 2024-2028 pada hari ini, Senin, 2 September 2024, di kampus setempat. 

Pelantikan dan pengukuhan dilangsungkan di lantai 3 gedung perpustakaan baru. Acara ini dihadiri oleh Ketua, Pengurus, dan Pengawas PPLP-PT PGRI Tuban, Rektor, Pejabat Struktural, Dosen, dan Mahasiswa.

Sebelum prosesi pelantikan dimulai, surat keputusan Rektor Unirow dibacakan oleh Kepala Bagian Ketenagaan. Setelah itu, satu per satu calon Direktur Pascasarjana, Kaprodi, dan Kepala UPT SIPD maju untuk mengucapkan sumpah janji. 

Sebelum pelantikan, Rektor Unirow, Dr. Warli, M.Pd., menanyakan kesiapan para calon yang akan dilantik. Secara serempak, para dosen yang akan dilantik menjawab dengan tegas bahwa mereka siap.

"Pelantikan ini merupakan momen penting bagi keberlanjutan tata pamong di Unirow," ujarnya. 

Beliau mengingatkan bahwa sebagai direktur dan kaprodi, tantangan yang dihadapi ke depan akan semakin besar, terutama terkait dengan peraturan baru dalam Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, yang menuntut peningkatan mutu pendidikan secara berencana dan berkelanjutan.

"Adanya perubahan kurikulum seiring dengan aturan baru mengenai jumlah SKS lulus yang berbeda dari peraturan sebelumnya," jelasnya. 

Kepada para Kaprodi S1, beliau menekankan bahwa tantangan ke depan sangat besar, terutama dengan adanya perubahan-perubahan dari program MBKM dan penyesuaian kurikulum perguruan tinggi sesuai dengan regulasi baru. 

Meski demikian, Rektor optimis bahwa dengan semangat kebersamaan, Kaprodi yang baru dapat beradaptasi dengan peraturan yang ada.

Rektor juga berpesan bahwa setiap pergantian Menteri sering diikuti dengan munculnya regulasi dan program baru, sehingga para Kaprodi harus siap beradaptasi dengan cepat. 

"Terima kasih kepada para Kaprodi lama atas dedikasi mereka selama empat tahun terakhir dalam mempertahankan akreditasi program studi," katanya. 

Ketua PPLP-PT PGRI Tuban, Drs. H. Totok Supijanto, M.M., turut menyampaikan apresiasi kepada para mantan Kaprodi atas dedikasi dan kontribusi mereka selama ini, yang menurutnya merupakan prestasi yang patut dipertahankan. 

"Renovasi dan pembangunan infrastruktur di Kampus Unirow sebagai langkah untuk meningkatkan prestasi mahasiswa," bebernya. 

Nama-nama yang dilantik secara berurutan adalah Dr. Mu’jizatin Fadiana, S.Si., M.Pd sebagai Direktur Pascasarjana; Dr. Djoko Apriono, M.Pd sebagai Kaprodi Magister Pendidikan Dasar; Dr. Tabitha Sri Hartati Wulandari, M.Kes sebagai Kaprodi Magister Pendidikan Biologi.

Mario Fahmi Syahrial, M.Pd sebagai Kaprodi PPKn; Yosia Dian Purnama Windrayadi, M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Ekonomi; Puji Rahayu, M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Matematika; Ifa Seftia Rakhma Widiyanti, M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Biologi; Yunita Suryani, M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dr. Risa Triassanti, M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris; Ina Agustina, M.Pd sebagai Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Sri Musrifah, M.IP sebagai Kaprodi Ilmu Politik; Kristin Tri Lestari, M.Si sebagai Kaprodi Ilmu Komunikasi; Moh. Muhyidin Agus Wibowo, M.T sebagai Kaprodi Teknik Industri.

Amaludin Arifia, M.Kom sebagai Kaprodi Teknik Informatika; Yuyun Suprapti, S.Pi., M.M sebagai Kaprodi Ilmu Perikanan; Perdana Ixbal Spanton M., S.T., M.Si sebagai Kaprodi Ilmu Kelautan; Kresna Oktafianto, M.Si sebagai Kaprodi Matematika; Riska Adriani, M.Si sebagai Kaprodi Biologi; dan Asfan Muqtadir, M.Kom sebagai Kepala SIPD.

[Rof/Ali]