Deklarasi dan Pelantikan PMII ITB Tuban: Komitmen Membangun Kaderisasi Berkelanjutan

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Bertempat Di Aula Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Montong, Pengurus Komisariat (PK) Persiapan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Tuban secara resmi menggelar deklarasi serta pelantikan pengurus barunya, Jumat (06/09/2024).

Kegiatan tersebut merupakan hasil dari upaya panjang yang dilakukan oleh Pengurus Cabang (PC) PMII Tuban dalam mendirikan komisariat baru di ITB Tuban. Deklarasi dan pelantikan ini juga menandai momen penting bagi kemajuan kaderisasi PMII di lingkungan kampus.

Ahmad Wafa Amrillah, Ketua PC PMII Tuban menegaskan bahwa deklarasi dan pelantikan ini bukan hanya sekadar seremonial, melainkan hasil dari komitmen dan loyalitas tinggi dari PC PMII Tuban bersama kader ITB Tuban.

"Bahwa momentum deklarasi dan pelantikan ini tidak hanya sebagai formalitas belaka persiapan ITB Tuban merupakan buah dari keseriusan komitmen dan loyalitas PMI Tuban bersama kader PMI ITB Tuban," terangnya.

Menurutnya, keberadaan komisariat ini harus dimaknai sebagai langkah awal yang serius untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kader, baik di lingkungan kampus maupun masyarakat. Wafa berjanji bahwa selama di kepengurusan Cabang PMII Tuban akan terus mengawal proses kaderisasi yang berlangsung di Komisariat Persiapan ITB Tuban.

"Berkomitmen untuk terus melaksanakan pengawalan dalam pelaksanaan kerja-kerja kaderisasi komisariat persiapan ITB Tuban ke depan," tegas Wafa.

Sementara itu Yoga Aditya Nugraha, Ketua Komisariat Persiapan ITB Tuban menyampaikan banyak terima kasih kepada banyak pihak terutama PC PMII Tuban, Ketua IKA PMII Montong, Yayasan ITB Tuban serta Ketua MWCNU Montong atas segala dukungannya, menurut Yoga beberapa pihak tersebut punya andil, sehingga hari ini telah dilaksanakan deklarasi sekaligus pelantikan pengurus harian persiapan ITB Tuban.

"Terima kasih terima kasih atas dukungan dan fasilitasnya dalam pelaksanaan kegiatan ini, harapan besar kami bersama sahabat-sahabat di ITB agar pihak terkait khususnya PMI Tuban dapat terus mendampingi dan mengawal kaderisasi di komisariat persiapan ITB Tuban," ungkap Ketua PMII Persiapan ITB Tuban.

Di waktu yang sama, Arif Hidayatullah sangat mendukung kegiatan deklarasi dan pelantikan. menurutnya pentingnya membangun pola kaderisasi yang adaptif dan sistematis sesuai dengan perkembangan teknologi digital di kampus ITB Tuban. Lebih lanjut Arif menegaskan bahwa koordinasi yang kuat antara PMII dan NU harus terus dijaga untuk memastikan proses kaderisasi berjalan optimal. PAC IKA PMII Montong juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh, baik secara moril maupun materiil, dalam perjalanan Komisariat Persiapan ITB Tuban.

"Sebagai organisasi berbasis pengkaderan, maka dideklarasikannya komisariat persiapan ITB Tuban yang memiliki muatan akademik berbasis digital sains menjadi PR besar bagi PC. PMII Tuban dalam hal pembentukan kerangka pemikiran dan pola-pola kaderisasi baru yang adaptif serta sistematis bagi kader-kader ITB Tuban agar dapat melahirkan kader militan sesuai potensi akademik yang dimiliki," tegasnya.[Rul/Rof]