Peduli Kekeringan, Mahasiswa UAI Tuban Bantu Air Bersih Pada Warga Terdampak

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Peduli dengan keluh kesah kondisi masyarakat terdampak kekeringan air, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Participatory Action Research (PAR) Universitas Al Hikmah Indonesia (UAI) Tuban menyediakan bantuan air bersih untuk warga Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Kanten bantuan air bersih disalurkan ke wilayah setempat yang terdampak kekeringan, diantaranya dusun Pasinan RT 10, RT 11, dan Dusun Mundu RT 09 dan RT 06 Jumat (06/09/2024).

Melalui koordinasi dengan Pemdes Kanten aksi ini, kami memberikan bantuan air bersih sebanyak 4.800 Liter, masing-masing diberi 1.200 liter pada 4 titik yang telah menjadi sasaran aksi atas analisis mahasiswa KKN PAR dan Pemdes Desa Kanten, karena di tempat tersebut mengalami kekeringan saat musim kemarau dan warga mengambil air menggunakan wadah.

Kata Riki Andres selaku Wakil Koordinator Desa (Wakordes) KKN PAR mengatakan bahwa wilayah yang menjadi sasaran aksi ini atas analisis mahasiswa kelompoknya yang mendengar keluhan warga sekitar sebab Krisis air di tempat tersebut, maka mahasiswa langsung melakukan koordinasi bersama pihak desa setempat untuk membantu masyarakat terdampak kekeringan.

“Sebagai bentuk rasa peduli dari mahasiswa berkoordinasi dengan Pemdes Kanten kemudian kerjasama untuk memberikan bantuan air bersih guna di distribusikan untuk memenuhi kebutuhan warga setempat yang minim akses air bersih," tuturnya.

Merespon hal tersebut masyarakat desa Kanten memberikan tanggapan positif dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan. Mengingat pentingnya air bersih, utamanya dalam tugas rumah semisal, memasak, mencuci, mandi dan lainnya menjadi lebih efektif.

Kepala dusun Pasinan beliau Abdul Iwan, menyambut baik inisiatif mahasiswa dalam mengatasi persoalan krisis air bersih di daerahnya, dengan kerjasama yang baik dan semangat gotong royong Pemdes Desa Kanten yang dibantu mahasiswa KKN PAR telah membantu mencukupi kesejahteraan masyarakat desa Kanten atas krisis air yang dialami.[Rul/Rof]