Tingkatkan Merdeka Berpikir, MI Musthofawiyah Soko Laksanakan Outing Class

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Musthofawiyah Desa Nguruan, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban melaksanakan kegiatan Outing Class (di luar kelas) bagi siswa kelas 4,5 dan 6 di dekat Waduk Gununganyar pada Kamis, (26/9/2024). 

Ifa, Jaelani dan Syukur sapaan akrabnya selaku wali kelas 4,5 dan 6 sering membuat rencana outing class, di lain sisi kelas 1,2 dan 3 masih terlalu kecil untuk berjalan ke puncak gunung. 

Ketiga wali kelas tersebut mengajak peserta didik untuk jalan-jalan dan meminta untuk mengamati keadaan lingkungan sekitar sesuai apa yang mereka lihat. 

Ifa, wali kelas 4 menjelaskan bahwa konsep pembelajaran Kurikulum Merdeka menekankan pada kebebasan berpikir peserta didik. 

"Pembelajaran di luar kelas ini merupakan implementasi merdeka belajar yaitu memanfaatkan lingkungan sebagai sumber ilmu dengan menyenangkan", ungkapnya.

Sebagian besar peserta didik merasa bosan dan monoton apabila belajar dilakukan di dalam kelas dengan aktivitas yang selalu sama setiap harinya. Model belajar seperti yang dilakukan guru MI Musthofawiyah ini dinilai dapat meningkatkan semangat dan antusiasme para siswa. 

Imron selaku Kepala Madrasah sangat mendukung kegiatan outing class dengan alasan bahwa kegiatan tersebut peserta didik bisa memahami materi dengan cepat dengan pendekatan yang ada di alam serta melihat realita sesungguhnya.[Rul/Rof]