Hari Tanpa Bayangan di Tuban: Fenomena Kulminasi Utama Datang Oktober Ini

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com – Fenomena astronomi langka yang dikenal sebagai kulminasi utama akan terjadi di Kabupaten Tuban pada tanggal 10 Oktober 2024. 

Menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), peristiwa ini akan terjadi sekitar pukul 11.18 WIB.

Kulminasi utama adalah fenomena ketika Matahari berada di posisi paling tinggi di langit, tepat di atas kepala pengamat. 

Pada saat ini, deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, sehingga Matahari tepat berada di titik zenit. 

"Fenomena ini sering disebut sebagai hari tanpa bayangan karena pada saat itu, bayangan benda tegak akan menghilang, bertumpuk dengan benda itu sendiri," Tulis BMKG di akun resminya, Selasa (1/10/2024). 

BMKG menyarankan masyarakat untuk memperhatikan fenomena ini sebagai momen edukatif mengenai pergerakan benda langit, khususnya Matahari. 

Bagi sebagian orang, fenomena ini juga bisa menjadi kesempatan unik untuk menyaksikan langsung bagaimana bayangan benda-benda menghilang selama beberapa menit.

Fenomena kulminasi utama dapat terjadi beberapa kali dalam setahun di berbagai tempat, tergantung pada lintang dan waktu orbit Bumi terhadap Matahari. 

Kabupaten Tuban akan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mengalaminya pada Oktober ini. [Rof/Ali]