Indikasi Geografis Batik Tuban Segera Terwujud, Dipamerkan di Jakarta

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menyelenggarakan Pameran Batik Tuban bertema “Bangga Berbatik: Pesona Batik Tuban” di Museum Tekstil, Jalan KS Tubun, Jakarta Barat. Pameran ini berlangsung dari Selasa (1/10/2024) hingga Minggu (6/10/2024), dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, sebagai bagian dari perayaan Hari Batik Nasional 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, menjelaskan bahwa pameran ini menampilkan 83 helai kain Batik Tuban dari koleksi Museum Tekstil, Yayasan Batik Indonesia, dan beberapa kolektor batik. 

“Pameran ini adalah bentuk apresiasi terhadap kekayaan budaya batik, terutama Batik Tuban yang memiliki proses pembuatan lengkap, mulai dari penanaman kapas hingga pewarnaan kain,” ujarnya, Selasa (1/10/2024), seperti dikutip dari Antara.

Tuban, menurut Iwan, merupakan salah satu pusat batik yang istimewa di Indonesia. Proses pembuatan batik di daerah tersebut melibatkan seluruh tahap produksi secara lokal, dari menanam kapas hingga menjadi kain batik siap pakai. 

“Keahlian dan kearifan lokal masyarakat Tuban sangat penting untuk dihargai dan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa,” tambahnya.

Iwan juga menyoroti pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam melindungi karya seni, termasuk batik. Ia menyampaikan bahwa Batik Tuban sedang dalam proses untuk mendapatkan Indikasi Geografis Batik, menyusul Batik Nitik Yogyakarta, Batik Complongan Indramayu, Batik Besurek Bengkulu, dan Sarung Batik Pekalongan.

Pameran ini juga dilengkapi dengan rangkaian acara seperti seminar Batik Tuban serta workshop membatik yang ditujukan bagi para siswa-siswi sekolah. 

Pameran ini didanai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Museum dan Taman Budaya dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia. [Rof/Ali]