Pasang Air Laut Maksimum Ancam Wilayah Pesisir Surabaya hingga Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Masyarakat di wilayah pesisir diimbau untuk waspada terhadap fenomena pasang air laut maksimum yang diperkirakan terjadi pada tanggal 1 hingga 5 September 2024, terutama pada pukul 23.00 hingga 24.00 WIB. 

Fenomena ini terkait dengan siklus fase bulan baru yang berpotensi menyebabkan ketinggian pasang antara 120 cm hingga 150 cm.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, Daryatno, dalam siaran resminya menyatakan bahwa wilayah pesisir yang terdampak meliputi pesisir barat Surabaya, termasuk wilayah Surabaya Barat, Gresik, Lamongan, hingga Tuban. 

"Di wilayah-wilayah ini, pasang maksimum diperkirakan dapat mencapai hingga 150 cm selama periode tersebut," Ujarnya. 

Dampak dari pasang maksimum ini di antaranya adalah munculnya genangan air yang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. 

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum ini.

"Masyarakat diharapkan untuk terus memperhatikan informasi cuaca maritim terkini yang disampaikan oleh BMKG untuk mengantisipasi kondisi ini," Jelasnya. 

Peringatan dini ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengurangi risiko dan dampak yang ditimbulkan oleh fenomena pasang maksimum.

[Ali/Rof]