Fatayat NU Temaji Bersama Mahasiswa IAINU Tuban Gelar Rutinan Keagamaan

Oleh: Nadya Arrifni Ilma

blokTuban.com - Pelaksanaan kegiatan rutinan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) di Gedung Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Dusun Temaji, Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Kegiatan rutinan ini dilaksanakan setiap satu minggu satu kali pada hari ahad malam senin, Minggu (24/08/2024).

Diadakannya kegiatan rutinan ini ditujukan untuk senantiasa mengajak anggota-anggota Fatayat lebih menghidupkan nilai-nilai keagamaan dalam hidup bermasyarakat, selain itu juga untuk mempererat persaudaraan sesama umat muslim dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Kegiatan rutinan fatayat ini dihadiri oleh ibu-ibu anggota Fatayat Dusun Temaji, serta Mahasiswa dari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergilir dari kegiatan satu dengan kegiatan lainnya, seperti Maulid diba, istigasah, simak-menyimak Alquran, dan tahlil. Kegiatan tersebut diurutkan dari minggu pertama dan seterusnya, setiap minggu berbeda bacaannya. 

Acara rutinan tersebut diawali dengan sedikit pembukaan dari ibu ketua Fatayat Dusun Temaji yang kemudian memperkenankan kepada mahasiswa IAINU untuk memimpin Istigasah pada saat itu. Kemudian mahasiswa IAINU Tuban mengawali istigasah dengan tawassul yang kemudian dilanjutkan dengan bacaan-bacaan selanjutnya sampai pada bacaan doa.

Doa kembali dibacakan oleh Mahasiswa IAINU Tuban atas utusan dari Ibu ketua Fatayat. Setelah doa selesai dibacakan ibu-ibu anggota Fatayat dan Mahasiswa IAINU Tuban sedikit bercengkerama dan membahas kegiatan yang biasa dilaksanakan oleh ibu-ibu fatayat dusun Temaji. 

Ibu Rokhis selaku Ketua Fatayat Dusun Temaji mengatakan bahwa rutinan yang dilaksanakan setiap minggu tersebut hanya rutinan yang sederhana tidak ada hidangan hidangan yang enak dan yang terpenting adalah berkumpul bersama untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan tersebut ditutup dengan membaca doa penutup majelis dan foto bersama.

"Terimakasih ya adek-adek mahasiwa sudah mau beraprtisipasi di majelis ini meskipun dengan tempat yang seadanya, kami semua sangat senang dengan kehadiran adek-adek semua," ujar bu Rokhis Ketua Fatayat.