Pentingnya Adanya Toilet di Tempat Umum

blokTuban.com - Toilet adalah salah satu fasilitas sanitasi dasar yang menjadi kebutuhan masyarakat. World Economic Forum pada 2014 juga memberi nilai 40 dari skala 100 untuk kualitas toilet di Indonesia. Demikian juga Asosiasi Toilet Indonesia menyebutkan, 63 juta orang masih terbiasa buang hajat di tempat terbuka karena tidak memiliki akses ke fasilitas sanitasi dasar.

Apa sih, yang membuat kita susah banget untuk membuat toilet umum yang nyaman bagi semua orang? Satu jawaban yang bisa saya berikan kita terlalu meremehkan segala hal. Kita meremehkan kebersihan dan penyakit yang akan muncul jika tidak dilaksanakan dengan benar. Kita meremehkan sesuatu yang bersifat untuk umum, kita terlalu egois untuk hanya peduli dengan kebersihan rumah kita sendiri, padahal yang akan kena imbasnya juga diri sendiri.

Membangun toilet ditempat umum sangat penting karena beberapa alasan. Pertama, ini memastikan bahwa orang memiliki tempat yang bersih dan aman untuk mengakses kebutuhan alaminya, terutama mereka yang mungkin tidak memiliki akses ke toilet pribadi di rumah mereka sendiri. Ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat, serta mencegah penyebaran penyakit menular.

Selain itu, menyediakan toilet ditempat umum juga dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan aksesibilitas bagi orang dengan disabilitas. Secara keseluruhan, membangun toilet ditempat umum adalah langkah penting dalam memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke fasilitas dasar yang mereka butuhkan.

Keberadaan toilet umum membantu menjaga kebersihan lingkungan, mencegah penyebaran penyakit, dan memberikan kenyamanan bagi orang-orang yang sedang berada di luar rumah. Selain itu, toilet umum juga penting untuk mendukung pariwisata dan kenyamanan pengunjung di tempat umum.

Penulis: Reva Alfiansyah, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Tuban Prodi Manajemen.