Berdayakan UMKM, Mahasiswa IAINU Tuban Gelar Workshop Sertifikasi Halal

blokTuban.com - Mahasiswa Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban mengadakan workshop sertifikasi halal bertema "Strategi Menuju Produk yang Dipercaya" di Balai Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, pada Sabtu (17/08/2024).

Acara ini dihadiri oleh Miftakhul Mubarok, seorang pengiat perizinan usaha independen, Desi Astutik, fasilitator keamanan pangan dari BPOM, serta Zainal Mahfudz sebagai pemateri workshop sertifikasi halal. Tamu undangan terdiri dari pengelola UMKM di Desa Temaji dan organisasi-organisasi desa.

Antusiasme para pelaku UMKM sangat tinggi, terlihat dari kehadiran mereka yang membawa sampel produk masing-masing, seperti es teler, ketan, dan berbagai produk UMKM lainnya. Setiap peserta juga diberikan formulir untuk mengisi data diri yang akan digunakan dalam proses pendaftaran sertifikasi.

Masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya workshop sertifikasi halal ini, karena mereka mendapat pendampingan untuk memastikan produk mereka memiliki Surat Izin Berusaha serta sertifikasi halal.

"Halal itu dilihat dari barangnya dan prosesnya. Jadi semua produk makanan dan minuman harus bersertifikasi halal," ujar Zainal Mahfudz, pemateri workshop.

Proses sertifikasi dibantu oleh Miftahul Mubarok. Diharapkan, workshop ini dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam bidang UMKM.

Penulis: Alfia Rahma N. K, Mahasiswa IAINU Tuban.