Bahaya Penggunaan Gadget Pada Anak

blokTuban.com - Seperti yang kalian tahu zaman sekarang, banyak sekali anak-anak yang pada main gadget. Mulai dari anak kecil, sampai dewasa. Apa kalian tahu dampak dari bermain gadget buat anak kecil? Bagi teman-teman yang belum tahu, yuk mari kita simak penjelasan ini.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa gadget adalah sebuah alat komunikasi modern. Gadget dapat mempermudah kegiatan komunikasi manusia meskipun dar jarak yang cukup jauh. Hanya bermodalkan paket data, kita semua bisa terhubung.

Di zaman sekarang ini pasti banyak anak SD yang sudah punya handphone yang canggih, akan tetapi, tahu nggak sih menggunakan gadget yang berlebihan akan mempunyai dampak perkembangan sosial dan emosional pada anak.

Berikut ini dampak negatif dari bermain gadget untuk anak:

  1. Menjadi pribadi tertutup.
  2. Perilaku kekerasan.
  3. Gangguan kesehatan.
  4. Rendahnya kemampuan sosial.

Namun daripada itu, ternyata gadget juga mempunyai banyak dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.
Gadget dan teknologi dapat meningkatkan kognitif anak mereka juga dapat mempelajari hal baru dan beragam yang berbeda, di antaranya:

Pembelajaran dan Edukasi: Banyak aplikasi dan konten edukatif yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar keterampilan baru, dari membaca dan matematika hingga sains dan seni.

Pengembangan Keterampilan Teknologi: Penggunaan gadget membantu anak-anak menjadi lebih terampil dalam menggunakan teknologi, yang penting di era digital.

Komunikasi dan Interaksi: Gadget memungkinkan anak-anak untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman, terutama jika mereka tinggal berjauhan.

Hiburan: Banyak aplikasi dan permainan yang dapat menghibur anak-anak, memberikan mereka waktu untuk bersenang-senang dan bersantai.

Penulis: Usaifiroh Abidatunnisak, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Tuban Prodi Manajemen.