Akan Ada 2.703 Titik PJU Tuban di Akhir Tahun

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban melalui Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) telah berhasil menyelesaikan pemasangan PJU di 2.010 titik yang tersebar di 20 kecamatan. 

"Kami telah menyelesaikan 100 persen pemasangan PJU sesuai alokasi APBD 2024, sebanyak 2.010 titik hingga 15 Agustus 2024," kata Slamet Hariyanto, Kabid PJU DLHP Tuban dikutip, Rabu (21/8/2024). 

Semua PJU yang telah dipasang kini berfungsi dan bisa dinikmati oleh masyarakat, mulai dari area perkotaan hingga pelosok desa di Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut, Slamet menjelaskan bahwa pada Perubahan APBD 2024, DLHP Tuban berencana menambah 2.703 titik PJU lagi untuk mengatasi area yang masih gelap, termasuk di sepanjang ring road.

"Penambahan PJU ini akan difokuskan pada jalan poros desa dan kabupaten. Untuk PJU di jalan provinsi dan nasional, kami akan mengusulkannya ke tingkat provinsi," tambahnya.

Ia juga menyebutkan bahwa sejak P-APBD 2023, PJU di Kabupaten Tuban sudah menggunakan tenaga listrik jenis LED dan tidak lagi menggunakan tenaga surya.

"PJU tenaga surya terakhir digunakan pada APBD 2023 karena biaya pengadaan yang mahal dan perawatannya sulit. Jika rusak, perbaikannya juga cukup rumit," ungkapnya.

Dari total pengadaan PJU senilai Rp 68 miliar untuk alokasi APBD dan P-APBD 2024, Rp 26 miliar telah terserap sepenuhnya pada semester pertama. [Ali/Rof]