Konferwil XV PW GP Ansor Jatim Resmi Dipindahkan ke Probolinggo

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Pelaksanaan Konferwil ke XV PW GP Ansor Jawa Timur yang awalnya direncanakan pada tanggal 28 Juli 2024 di Pondok Pesantren Tambakberas, secara resmi diundur menjadi 12 Agustus 2024 di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo.

Keputusan ini diambil secara resmi dalam rapat panitia Konferwil PW GP Ansor Jawa Timur yang dilaksanakan pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Rapat tersebut berlangsung di Meeting Room Kantor PW GP Ansor Jawa Timur dan dihadiri oleh jajaran Steering Committee, Organizing Committee, serta Ketua PW GP Ansor Jawa Timur, H.M. Syafiq Syauqi.

Farid Al Farisi, Ketua Panitia Konferwil PW GP Ansor Jawa Timur, menjelaskan kesiapan panitia dalam menyelenggarakan dan mensukseskan agenda tertinggi organisasi kepemudaan terbesar di Jawa Timur.

Agenda Konferwil Ansor Jatim yang akan diikuti oleh 1.560 peserta dari delegasi Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC), menurut Aktivis Muda Ansor Jatim dari Pondok Pesantren Tambakberas, akan berlangsung sesuai rencana organisasi utama, yaitu menetapkan kebijakan organisasi, rekomendasi, program kerja, serta memilih Ketua PW GP Ansor Jawa Timur 2024-2028.

“Sesuai dengan keputusan pimpinan pusat mengenai tata tertib organisasi, Konferwil Ansor Jatim harus diselenggarakan mengingat masa jabatan PW GP Ansor Jatim yang akan berakhir pada pertengahan Agustus ini,” jelas Gus Farid Al Farisi.

Terkait dengan perubahan lokasi Konferwil dari Jombang ke Probolinggo, Gus Farid Al Farisi menyebutkan adanya pertimbangan strategis terkait wilayah, mengingat Konferwil PWNU Jawa Timur telah diadakan di Jombang.

“Kami memutuskan berdasarkan arahan dari para kyai dan senior agar agenda organisasi tertinggi Jawa Timur tidak dilaksanakan di tempat yang sama. Kemarin, para kyai sudah di Jombang, dan panitia Ansor sepakat untuk mengadakan Konferwil di Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Zulkarnain Mahmud menegaskan bahwa persiapan teknis acara telah dilakukan dengan membentuk tim asistensi kepanitiaan lokal.

“Kami langsung berkoordinasi dan sowan kepada pengasuh Ponpes Genggong, KH. Hasan Mutawakil Alallah. Alhamdulillah, beliau menyambut baik pemilihan pondok sepuh di Probolinggo sebagai lokasi Konferwil Ansor,” jelasnya.

Konferwil GP Ansor Jawa Timur ke XV mengusung tema besar “Pivot Ideologi Menuju Organisasi Digdaya”. Melalui tema ini, Konferwil Ansor Jatim ingin menyampaikan pesan kepada seluruh kadernya di Jawa Timur untuk berani mengambil langkah strategis tanpa melupakan pijakan ideologi. [Rof/Ali]