Kucing Liar Diselamatkan dari Sumur 10 Meter di Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sebuah insiden menyentuh hati terjadi pada hari Rabu, 24 Juli 2024, ketika seekor kucing liar terjatuh ke dalam sumur di Jalan Basuki Rahmat, RT.002/RW.002, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban. 

Kejadian ini dilaporkan oleh pemilik sumur, Bagus Widiharto, kepada Kantor Mako Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tuban pada pukul 14.18 WIB.

Menurut keterangan Bagus Widiharto, saat sedang duduk di depan rumahnya, ia melihat kucing liar tersebut terjatuh ke dalam sumur dengan kedalaman sekitar 10 meter yang masih berisi air setinggi 1,5 meter. 

"Karena prihatin dengan kondisi kucing tersebut, Bagus segera menghubungi Satpol PP dan Damkar untuk meminta bantuan evakuasi," ujarnya. 

Tim Damkar Mako Tuban merespon cepat laporan tersebut dan tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi dengan metode vertical rescue. 

Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tuban melalui Kasi Damkar, Zaenal Maftuchin menjelaskan tim di lokasi langsung memasang tripod dan menggunakan harnes untuk turun ke dalam sumur. 

Setelah melakukan upaya penyelamatan, tim berhasil menemukan kucing tersebut masih dalam keadaan hidup. 

"Kucing tersebut kemudian diangkat ke permukaan dengan menggunakan karung," jelasnya. 

Proses evakuasi yang berlangsung hingga pukul 15.30 WIB ini berjalan lancar. Setelah berhasil diselamatkan, kucing tersebut diserahkan kepada warga sekitar untuk dirawat. 

Tindakan cepat dan tepat dari tim Damkar Mako Tuban mendapatkan apresiasi dari warga setempat. 

Peristiwa ini menunjukkan pentingnya kerjasama dan respons cepat dalam situasi darurat untuk menyelamatkan nyawa, baik manusia maupun hewan. [Ali/Rof]