Unirow Tuban Resmi Miliki Rumah Susun Mahasiswa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kabar gembira bagi calon mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban! Kampus di Jalan Manunggal itu kini resmi memiliki rumah susun (rusun) yang diperuntukkan bagi para mahasiswanya. Peresmian rusun tersebut dilakukan hari ini, Selasa (23/7/2024), bertepatan dengan Hari Anak Nasional, di kampus Unirow setempat.

Acara peresmian dihadiri langsung oleh berbagai petinggi, di antaranya Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dan Kepala Balai P2P Jawa IV Ditjen Perumahan yang diwakili oleh Kepala Seksi II Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Jawa IV Ditjen Perumahan, Sita Dewi Astari.

Rektor Unirow Tuban, Warli dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan rusun ini merupakan hasil kerja keras sejak tahun 2018. Beliau bersyukur setelah melalui proses panjang, akhirnya Unirow mendapatkan hibah rusun mahasiswa dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di tahun 2023.

"Tahun 2018 kami sudah ajukan, ternyata Unirow ditakdirkan baru bisa di tahun 2023," ujar Rektor Unirow.

Adanya rusun ini menjadi angin segar bagi Unirow, terutama dalam mendukung program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Rusun ini menjadi salah satu syarat berdirinya Prodi PPG dan diharapkan dapat meningkatkan Indeks Kinerja Utama (IKU) Unirow Tuban.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, dalam sambutannya berpesan kepada Unirow untuk menjaga amanah dan memanfaatkan rusun ini sebaik mungkin. Beliau juga berpesan kepada para mahasiswa untuk terus belajar, memiliki ambisi, dan aktif dalam berorganisasi.

"Ini menjadi trobosan dari teman-teman Unirow. Jaga kepercayaan, manfaat sebaik mungkin. Unirow ini semoga semakin berkibar," ungkap Bupati Muda tersebut.

Pembangunan rusun ini diharapkan dapat membantu mahasiswa, khususnya mahasiswa tidak mampu, mahasiswa berdomisili di luar Tuban, dan mahasiswa PPG, dalam mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau. 

Data yang dihimpun blokTuban.com Pada tahun 2023 lalu, Unirow telah memiliki 240 mahasiswa PPG, dengan 50% di antaranya berasal dari luar Jawa. Kehadiran rusun ini diharapkan dapat membantu mahasiswa PPG yang sebelumnya mengikuti perkuliahan daring untuk dapat mengikuti perkuliahan luring.

Hadir pula Komandan Kodim 0811 Tuban, Kepala Kejaksaan Kabupaten Tuban, Kepala Dinas PUPR PRKP Kabupaten Tuban, Ketua PPLPT PGRI Tuban, Pengawas, Pejabat Struktural, Dosen dan mahasiswa.[rof]