Lebih 100 Media Pastikan Ikuti Jatim Media Summit 2024

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Event akbar pertemuan media di kawasan Jawa Timur yaitu Jatim Media Summit (JMS) kembali siap digelar untuk tahun kedua. Para peserta yang mewakili pengelola media lokal di kawasan ini, begitu juga pihak-pihak yang menaruh perhatian pada perkembangan media antusias mendaftar.

Saat ini, terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri. Para peserta yang mendaftar sejauh ini tercatat berasal dari berbagai daerah, mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Banyumas, Pacitan dan Bangkalan.

Juga dari Tuban, Gresik, Malang, Mojokerto, Madiun, Kediri, Probolinggo, Pasuruan, Lamongan, Jember, Bondowoso, Jombang, dan sebagainya. Namun tidak saja dari kawasan Jatim, ada juga pendaftar yang berasal dari luar daerah seperti Jakarta, Bekasi, Badung (Bali), hingga Balikpapan.

Rerata para peserta adalah pengelola media lokal, baik itu selaku pemilik, pemimpin redaksi, maupun editor atau posisi terkait lainnya. Sedangkan dari kalangan luar media, tercatat antara lain dari perwakilan komunitas, kampus, pemerintahan, juga dari perusahaan swasta.

Demi melihat antusiasme dan potensi masih bertambahnya pendaftar, panitia pelaksana dari Suara.com dan Beritajatim.com meyakini bahwa jumlahnya akan segera memenuhi target (kuota) maksimal.

"Ini menurut kami tentunya menggembirakan, dalam arti bahwa ada begitu banyak kawan-kawan pengelola media lokal yang menaruh minat pada kegiatan Jatim Media Summit, yang memang kita rancang sebagai sebuah event tempat bertemu dan saling berbagi ilmu pengetahuan, serta kesempatan networking bagi media-media lokal bersama stakeholder media lainnya," ungkap Suwarjono, Pemimpin Redaksi Suara.com yang juga CEO PT Arkadia Digital Media Tbk.

Suwarjono juga merasa bahwa kesuksesan event perdana pada tahun lalu, di mana Gubernur dan Wagub Jawa Timur masing-masing berkenan membuka dan menutup langsung kegiatan, turut menjadi pendorong dari antusiasme peserta kali ini.

Selain itu, faktor lain yang mendorong ramainya pendaftar tampaknya adalah rangkaian sesi Roadshow JMS 2024 yang sengaja digelar lebih dulu di tiga kabupaten/kota yaitu Bojonegoro, Malang dan Jember, sepanjang pekan lalu (15-19 Juli 2024).

Terkait Roadshow JMS 2024 yang merupakan hal baru dalam pelaksanaan tahun kedua Jatim Media Summit ini, Dwi Eko Lokononto selaku CEO Beritajatim.com pun membenarkan bahwa antusiasme sudah terasa sejak hari pertama kegiatan keliling itu diadakan.

 "Banyak memang, tidak saja kawan-kawan media, tapi juga dari kalangan kampus dan komunitas, yang sudah langsung mendaftar untuk acara puncak JMS 2024 ini pada saat kita masih menggelar acara di Bojonegoro, sebelum kemudian disusul Malang dan Jember, pekan lalu," tuturnya.

"Satu hal yang jelas, teman-teman peserta kita pastikan akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan wawasan menarik serta bermanfaat dari kegiatan ini, lewat berbagai sesi yang sudah kita rancang sedemikian rupa dengan menghadirkan sederet pembicara hebat," tambah Lucky, sapaan akrabnya.

Jatim Media Summit 2024 direncanakan akan berlangsung mulai pagi hari, Kamis 25 Juli, bertempat di Whiz Luxe Hotel, Surabaya. Sejumlah narasumber atau pembicara yang sudah dipastikan hadir membagikan pengetahuannya.

Di antaranya mulai dari Danny Yong (Media Business Advisor IMS), Ignatius Haryanto (Dosen UI & UMN), Rini Yustiningsih (COO Solopos Media Group), Esther Irawati Setiawan (Doktor AI Institut STTS), Eva Danayanti (IMS Indonesia Programme Manager), Kiki Priskilla (Senior Manager Publisher Growth AnyMind), serta Dimas Sagita (Head of Social Media Arkadia Digital Media).

Adapun berbagai topik menarik yang akan dihadirkan dalam JMS 2024, antara lain terdiri dari "Lanskap Media Digital di Indonesia", "1001 Jurus Mengembangkan Bisnis Media", "Model Bisnis ala Media Lokal", "AI for Small Scale Newsroom", "Menggali Digital Revenue dengan Ad Native Platform", hingga "Creative Video Production That Fits Your Audience".

Tidak saja topik-topik tersebut, kegiatan juga akan diisi pengumuman Media Innovation Awards, serta sosialisasi Kompetisi Apresiasi Karya Jurnalistik.

Sementara itu, sehari sebelum pelaksanaan event puncak JMS 2024, bekerja sama dengan Suara.com, International Media Support (IMS) dengan dukungan Uni Eropa juga akan mengadakan workshop satu hari penuh untuk perwakilan 10 media lokal terseleksi di Jawa Timur dan sekitarnya.

Workshop dengan tema penting terkait Business Model Canvas (BMC) untuk Pengelola Media ini akan diisi oleh Danny Yong selaku Media Business Advisor IMS.[ono]