Asah Kreativitas, Lapas Tuban Latih WBP Buat Mebel Kayu

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Guna mengasah kemampuan dan kreativitas para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIB Kabupaten Tuban memberikan sejumlah pelatihan khusus, salah satunya pelatihan membuat mebel kayu, Minggu (21/2024). 

Kalapas Kelas IIB Kabupaten Tuban, Edi Kuhen menjelaskan jika pelatihan kemandirian merupakan hak warga binaan dan kewajiban Lapas untuk melatih WBP. 

"Akan ada banyak lagi mbak, pelatihan warga binaan yang kita lakukan secara mandiri, ataupun bekerja sama dengan BLK (Balai Latihan Kerja)," katanya. 

Dengan bekerjasama dengan BLK, lanjutnya, maka pelatihan dapat sertifikat. Hal ini dapat menjadi bekal dari warga binaan yang telah mengikuti pelatihan, saat kembali di tengah masyarakat nantinya. 

Menurut Edi, sapaan akrabnya, seluruh kreativitas yang telah dihasilkan oleh para warga binaan nantinya juga akan didroping ke luar Lapas Tuban. 

"Saya persiapkan ini bukan hanya di dalam, tapi bentuk dari pengabdian Lapas Tuban ke masyarakat kita juga keluar tembok, supaya hanya badan mereka saja yang di sini, tapi kreativitas mereka jangan. Sementara ini kita juga sudah ada kerjasama dengan Perhutani," bebernya. 

Selain pelatihan pembuatan mebel, terdapat beberapa pelatihan lain yang diperoleh oleh warga binaan, namun juga ada pelatihan pembuatan sabun, peternakan ikan, menjahit dan juga perkebunan. 

Dengan adanya seluruh pelatihan yang diberikan ini, maka ia berharap saat warga binaan bebas, mereka bisa memiliki kemampuan yang bisa menghidupinya nanti. 

"Mudahan-mudahan juga bisa mereka bisa membuka usaha sendiri saat keluar nanti," imbuhnya. [Sav/Ali]